Mohon tunggu...
Mirza Wardianto
Mirza Wardianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Magang Menjadi Jurnalis Mendapatkan Berbagai Pengalaman

29 November 2022   12:18 Diperbarui: 29 November 2022   12:21 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan magang merupakan sebuah salah satu program belajar yang menjadi sebuah latihan untuk menuju dunia kerja yang sesungguhnya. selain itu magang sendiri merupakan salah satu syarat untuk lulus bagi mahasiswa tingkat akhir dalam penyelesaian masa pendidikan yang telah ditempuh.

Seperti halnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) yakni Mirza Wardianto yang berkesempatan magang di Harian Disway News House yang berlokasi di jalan Walikota Mustajab no 76 yang menjadi bagian dari tim jurnalis. dengan pelaksanaan magang reguler selama 30 hari.

Selama magang mirza diharuskan menghasilkan berita minimal 5 berita setiap minggunya. dengan antusias ketika magang disana mirza mendapatkan berbagai pengalaman. Salah satunya kemampuan menulis yang baik karena media Harian Disway memiliki gaya penulisannya sendiri serta tata cara pembuatan berita dengan 5W+1H, mengenal kode etik jurnalistik.

Dengan mengikuti kegiatan reportase lapangan maupun mencari berita secara online dapat menjadi bukti bahwa menjadi jurnalis tidak semudah yang dibayangkan tetapi ada juga karya artikel yang berhasil diterbitkan, berjudul "Sidoarjo mulai bersolek" artikel ini telah diterbitkan di laman online harian disway

pengalaman lainnya dengan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang baru merupakan sebuah pengalaman yang akan kalian dapatkan dengan menjadi jurnalis, dengan menyediakan pulsa maupun kuota lebih untuk menghubungi narasumber. Karena setiap liputan kita dituntut untuk menghubungi narasumber, panitia dan sebagainya untuk mendapatkan ijin. Setiap sebelum liputan kami harus menghubungi narasumber, panitia, dan sebagainya untuk meminta ijin, Nah karena sering menghubungi orang Mirza jadi punya banyak teman baru. Tetapi ada juga yang tidak membutuhkannya seperti liputan pada saat demo, di pasar, dan lain-lain yang sifatnya spontan.

Dalam setiap liputan mirza dan juga teman-teman tidak lupa untuk memfoto situasi yang terjadi untuk dimasukkan dalam berita yang akan di tayangkan, nah ini juga diajarkan mengenai teknik fotografi Tidak harus menggunakan peralatan yang lengkap dengan peralatan seadanya seperti kamera pada handphone juga tidak dipermasalahkan yang penting posisi dalam pengambilannya tepat.

Dosen pembimbingnya, Maulana Arif begitu memperhatikan perkembangan mahasiswanya selama periode magang berlangsung. menurut Mirza, dosen pembimbingnya sangat berkontribusi dalam memberikan bimbingan pada saat pembuatan proposal hingga menyelesaikan laporan akhir. (Mirza Wardianto)

#KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren #EcoCampus

#KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun