Mira Utami
Mira Utami Contet Creator

Penikmat Seni Pertunjukan, Buang sampah pada tempatnya garis keras!

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Masak Ketupat Praktis, Apakah Aman bagi Kesehatan?

4 Juli 2018   01:41 Diperbarui: 4 Juli 2018   10:44 1502 0 0
Cara Masak Ketupat Praktis, Apakah Aman bagi Kesehatan?
(Dok. Pribadi)

Cara Masak Ketupat Mini 

Satu minggu berselang liburan sekolah sudah usai dan untuk para pekerja sudah mulai bangkit untuk memulai produktivitas seperti biasa. Setelah menikmati libur hari raya juga berkumpul bersama keluarga besar biasanya disajikan menu istimewa yang disantap bersama. 

Ketupat salah satu makanan khas yang dijadikan sebagai menu utama di saat hari raya Lebaran atau Idul Adha. Sebagai makanan yang mengenyangkan mengandung karbohidrat dan sumber energi ketupat bisa disajikan dengan berbagai macam lauk yang beragam.

Cara masak ketupat memang agak rumit, ketika air yang dipakai untuk merebus harus sesuai dengan takaran beras yang sudah di siapkan dalam bungkus daun berbentuk ketupat, persegi atau jajar genjang. Karena saat Lebaran lalu berhasil menyajikan cara masak ketupat anti gagal, tentu saja akan dibagikan dalam artikel ini.

Ketupat yang satu ini sangat praktis dan bisa dibawa sebagai bekal traveling, camping, kegiatan tafakur alam, atau pesantren kilat. Cara masak ketupat praktis dan mudah untuk dilakukan dengan menggunakan Pat-pat K-Tupat Mini dari K-Link Indonesia.

K-Tupat Mini dengan Wadah Plastik

Harus diperhatikan juga ya ketika menemukan makanan atau bahan makanan dengan wadah plastik karena ada beberapa tipe plastik yang berbeda loh peruntukkannya. Mulai dari plastik untuk sekali pakai, seperti plastik pada minuman kemasan, plastik untuk wadah bekal, atau plastik sebagai bungkus makanan ringan.

Perlu tahu pula berbagai tipe plastik agar tidak salah pilih dalam membeli makanan atau bahan makanan dengan wadah plastik. Pat-pat K-Tupat Mini K-Link juga tidak sembarang memilih tipe plastik yang aman dan sesuai, karena PT. K-Link Indonesia sendiri sangat memperhatikan kualitas pemilihan bahan produknya yang bermanfaat bagi kesehatan.

K-Tupat Mini merupakan solusi bagi Anda yang ingin memasak ketupat tanpa harus repot ketika memasaknya. K-Tupat Mini merupakan ketupat instan siap rebus. Menggunakan beras super pilihan, tanpa bahan pengawet dan kemasan food grade serta tahan panas sehingga aman untuk dikonsumsi. K-Tupat Mini membuat memasak ketupat lebih praktis, proses masak cepat, halal serta anti gagal.

Kemasan plastik didalamnya  sudah tersertifikasi food grade atau plastik yang aman untuk makanan. Berikut identifikasi plastik berdasarkan simbol dan sifatnya (Perhatikan gambar berikut) :

Cara masak ketupat wadah plastik
Cara masak ketupat wadah plastik
Dari gambar berikut K-Tupat dari K-Link Indonesia menggunakan wadah plastik dengan kode no 2 atau HDPE High Density Polyethylenei) biasanya ditemukan pada botol susu berwarna putih, kemasan asi, galon, dan kursi lipat. HDPE adalah salah satu bahan plastik yang aman dipakai karena sifatnya lebih kuat, keras, dan tahan terhadap suhu tinggi. Namun, HDPE juga direkomendasikan untuk pemakaian satu kali saja karena pelepasan senyawa antimonitrioksida akan terus meningkat kalau kamu memakainya berkali-kali.

Jadi ketika kemasan plastik pada K-Tupat direbus bersamaan dengan beras dengan suhu tertinggi 100 derajat celcius masih tetap aman dan tidak berbahaya. Ada berbagai produk ketupat mini yang praktis dan beredar di pasaran, harus diperhatikan kembali keamanannya. Mulai dari kode wadah plastik, no BPOM, logo halal, kemasan, hingga beras yang digunakan.

Ada produk yang serupa dengan K-Tupat dari K-Link Indonesia yang beredar di mini market, perbedaannya terletak pada jenis beras yang digunakan sehingga berbeda pula harganya. 

Sebagai pilihan praktis untuk dibawa saat keluar negeri, ketika kangen menu ketupat seperti pengalaman sebelumnya ketika merayakan Idul Adha di negara tetangga tetapi rindu  dengan ketupat, pilihan keluarga praktis masak ketupat yang bisa memasak dengan air mendidih diatas kompor  atau penanak nasi listrik.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)
Tahap Cara Masak Ketupat Mini Praktis

Berikut juga tahapan cara masak ketupat praktis dan anti gagal dari K-Tupat K-Link Indonesia :

1. Cuci kantung K-Tupat sesuai dengan kebutuhan dengan air bersih yang mengalir.

2. Masukkan air bersih sesuai kebutuhan untuk merebus ketupat kedalam panci, bila perlu tambahkan dauh pandan untuk menambah aroma.

3. Masukkan kantung K-Tupat Mini yang telah dicuci ke dalam panci. Kantung ketupat harus terendam sempurna. Rebus     K-Tupat Mini sampai mengembang dan matang, kurang lebih 60-90 menit. Tambahkan air lagi jika air rebusan berkurang.

4. Angkat dan tiriskan K-Tupat Mini. K-Tupat Mini siap dihidangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2