Mohon tunggu...
Mira Prihandini
Mira Prihandini Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Akun ini digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai Program KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia Dengan Tema yang dipilih yaitu “Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan pada masa pandemi Covid-19”.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik 2021: Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Penanggulangan Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan

28 Juli 2021   14:47 Diperbarui: 28 Juli 2021   15:29 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi COVID-19 sekarang ini seperti kita ketahui telah berdampak juga bagi sektor pendidikan. Demi mengurangi penyebaran virus tersebut pemerintah pun mengeluarkan kebijakan untuk social distancing salah satu nya menutup sekolah. Oleh karena itu pandemi COVID-19 ini mengharuskan kita untuk membatasi aktifitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kebijakan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak adalah dengan cara menerapkan strategi belajar di rumah dan juga  mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online.

Sebagai seorang pelajar kita harus tetap semangat untuk belajar mandiri di rumah dan juga mengikuti pembelajaran daring. Karena dua hal tersebut bisa kita lakukan sebagai seorang pelajar untuk dapat menanggulangi dan terhindar dari paparan virus COVID-19. Sampai saat ini pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring yang mengharuskan seluruh siswa sekolah maupun orang tua bisa dan terbiasa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu pembelajaran berlangsung sebagaimana mestinya.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Banyak sekali aplikasi pembelajaran daring yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Selain daripada aplikasi whatsapp berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar online sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sarana prasarana pendukung yang ada di sekolah sekarang ini:

  • Google Meet adalah produk dari google berupa layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaran daring. Layanan ini mampu menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi rapat virtual. Dengan menggunakan google meet guru dan siswa dapat bertatap muka langsung dan melakukan kegiatan belajar mengajar. Aplikasi goggle meet dapat didownload di play store dan juga dapat diinstal di lap top atau PC.
  • Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan, membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama nya adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.
  • Zoom Meeting adalah aplikasi  komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telpon dan system ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Dengan menggunakan zoom meeting guru dan siswa dapat bertatap muka langsung dan melakukan kegiatan belajar mengajar. Aplikasi zoom meeting dapat didownload di play store dan juga dapat diinstal di lap top atau PC.

Dalam proses pembelajaran daring, penting untuk ditambahkan pesan-pesan edukatif kepada orangtua dan peserta didik, tentang wabah pandemi Covid-19. Dengan demikian kita dapati pembelajaran yang sama dengan tatap muka tetapi berbasis online. Efeknya sangat bagus, programnya tepat sasaran, dan capaian pembelajarannya tercapai.

Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis. Di samping itu, kesuksesan pembelajaran daring selama masa Covid-19 ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Oleh karena itu, pihak sekolah di sini perlu membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan sekolah agar putra-putrinya yang belajar di rumah dapat terpantau secara efektif. Dengan demikian, pembelajaran daring sebagai upaya penanggulangan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa terlaksana dengan baik dengan kerja sama semua pihak.

Oleh: Mira Prihandini

Prodi Pendidikan Kewarganegaraan

Kelompok 42

DPL: Dr. Dedi Rohendi,MT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun