Mohon tunggu...
Muhammad Ali
Muhammad Ali Mohon Tunggu... Lainnya - Berdaulat Atas Diri Sendiri

AKU MENULIS, MAKA AKU ADA

Selanjutnya

Tutup

Money

Estimasi Biaya Hidup di Kota Gresik

16 Oktober 2020   18:49 Diperbarui: 17 Oktober 2020   00:09 2824
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/9nnrh3o1jSr6txSa7

                              

Bicara soal Kota Gresik mungkin tak akan lepas dari produk hasil tambang Indonesia yakni “Semen Gresik ” hehe. Ya, Kota Gresik yang berada di Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota yang berdampingan dengan kota-kota besar seperti Surabaya dan Sidoarjo. Tak salah bila banyak orang mengatakan bahwa biaya hidup di Gresik itu cukup mahal layaknya di 2 kota yang berdampingan dengan Gresik yakni, Surabaya dan Sidoarjo. Namun, perlu dipahami pula untuk semua pengeluaran dalam hidup itu tergantung dari banyak hal. Bisa dari jarak rumah ke tempat kerja atau lingkungan sekitar yang banyak menyediakan segala persediaan, mulai dari bahan pangan, pakaian, kosmetik, dan kebutuhan pokok lainnya. Hal ini bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab bahwa biaya hidup di Kota Gresik cukup mahal.

https://images.app.goo.gl/pdzfyNvKstG3RGUa8
https://images.app.goo.gl/pdzfyNvKstG3RGUa8

Bila diambil dari sudut pandang atau gaya hidup saya, mungkin bisa dibilang “ga boros-boros amat kok”. Ya, jika saya perinci lagi mulai dari ketika saya berangkat hingga pulang ke rumah. Perminggu, saya menghabiskan biaya bahan bakar motor (read; “bensin”) kurang lebih sekitar Rp 100.000,- . Jika di total dalam satu bulan , biaya bensin mencapai Rp 400.000,- . Untuk biaya makan, saya bilang ini “relatif”. Karena makanan di tempat kerja saya , harga yang ditawarkan bervariasi. Mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- . Jika saya total dalam satu bulan untuk biaya makan itu akan menghabiskan biaya sekitar Rp 600.000,- . Dan bila ditambahkan dengan biaya yang lainnya, mungkin akan menghabiskan biaya sekitar Rp 800.000,- . Dari sekian rincian pengeluaran, jika saya total semua itu hampir mencapai Rp 2.000.000,-.

https://images.app.goo.gl/Lp17mGzFpH8GBSnQ7
https://images.app.goo.gl/Lp17mGzFpH8GBSnQ7

Nah, mungkin apa yang saya infokan terkait estimasi biaya hidup di Kota Gresik ini bisa menjadi sebuah referensi bagi orang-orang yang akan mencoba mencari peruntungan untuk bertahan hidup. Saya bisa mengatakan hal seperti ini karena Kota Gresik sendiri merupakan kota yang juga menghasilkan banyak perusahaan sekaligus lapangan pekerjaan. Namun, dilihat dari kondisi adanya pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan di beberapa daerah harus menghentikan banyak pegawainya dengan alasan tidak adanya "income" sehingga mau tidak mau perusahaan harus melakukan hal tersebut.

Well, mari kita berdoa saja agar pandemi ini segera berakhir agar semua orang bisa beraktifitas kembali. See you next time , guys! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun