Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya.

Pekerja biasa, Backpacker, Movie Review, Tukang Foto, Travel Blogger sesekali merangkap Guide.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bincang Penulis Perempuan Purwakarta, Ajang Bincang Perdana Penulis Perempuan di Purwakarta

28 November 2022   09:49 Diperbarui: 28 November 2022   15:15 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: dokumentasi FTBM Purwakarta

Tahun 2022 memang tahunnya saya dalam kegiatan menulis. Selain tulisan saya yang semakin banyak lagi saya bagikan ke pembaca melalui Kompasiana, juga semakin rajin saya menghadiri kegiatan kepenulisan entah itu yang dilakukan oleh Kompasiana, Komunitas-Komunitas di Kompasiana maupun di luar Kompasiana terutama di Komunitas LIterasi yang ada di Purwakarta kota saya tercinta.

Setelah diajak untuk mengikuti Kemah Literasi Jawa Barat, kali ini saya kembali diajak oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Purwakarta. Kali ini bedanya saya bukan sebagai peserta namun sebagai narasumber.

Kegiatan literasi tersebut adalah Bincang Penulis Perempuan Purwakarta "Perempuan Bicara Perempuan Menulis" yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 November 2022 yang bertempat di auditorium Gedung Purwakarta Creative Center (PCC). 

Acara ini diinisiasi oleh salah satu penulis fiksi dan sastra Purwakarta yaitu Aminarista atau yang lebih dikenal dengan nama pena Aleena. Kerinduan Aleena akan adanya event yang menampilkan berbagai unsur seni di Purwakarta lah yang kemudian menginisiasi Aleena untuk membuat kegiatan seni atau literasi ini.

"Dulu saya pernah menonton pertunjukan Teater di Purwakarta tapi setelah itu tidak pernah ada lagi pertunjukan maupun event seni yang bagus dan berkualitas di Purwakarta. Dan saya merindukan itu" ~Aleena

Keinginannya Aleena pun diceritakan pada penggiat literasi Purwakarta yaitu Kang Rudy Aliruda dari Sanggar Sastra Purwakarta yang juga ketua Forum TBM Purwakarta dan pencinta sastra Purwakarta yaitu Kang Nana (Pemilik Rumah Kata Sang Ilalang) untuk kemudian dihubungkan kepada Forum Taman Baca Purwakarta yang akhirnya dipilih sebagai penyelenggara acara.

Niatnya Aleena patutlah diacungi jempol karena ingin mengadakan kegiatan yang menampilkan mereka-mereka yang selama ini sudah lama berkecimpung di dunia literasi namun ada yang belum tahu dan dikenal di Purwakarta. Selain itu ingin juga menampilkan pertunjukkan-pertunjukkan seni yang memang mereka berbakat namun juga belum banyak dikenal oleh masyarakat Purwakarta.

Untuk tempat kegiatan, Gedung Purwakarta Creative Center (PCC) sebetulnya merupakan opsi terakhir karena rencana awal akan dibuat secara outdoor. Karena berbagai pertimbangan termasuk banyak kegiatan di hari minggu di tempat tersebut kemudian akhirnya dipilih PCC sebagai lokasi kegiatan sekaligus sebagai ajang perdana FTBM Purwakarta berkegiatan di gedung tersebut.

Pemilihan gedung pun dirasakan tepat apalagi sebelum kegiatan diskusi literasi ini ada kegiatan yang dilakukan oleh salah satu himpunan mahasiswa sehingga beberapa mahasiswa bergabung di kegiatan diskusi tersebut.

Sebelum acara bincang literasi dimulai, ada kegiatan sosialisasi terkait HIV Aids yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta narasumber Dr. Eva Listya Dewi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan salah satu penyintas HIV Aids. Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terutama remaja terkait HIV Aids mengingat makin banyaknya masyarakat yang terkena penyakit HIV. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun