Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya.

ASN, Backpacker, Movie Review, Tukang Foto, Travel Blogger sesekali merangkap Guide.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Yang Tertinggal dari Koteka Trip 2022 "Rethinking Purwakarta Istimewa"

26 September 2022   11:53 Diperbarui: 2 Oktober 2022   18:27 326 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sabtu, 24 September 2022 Komunitas Traveller Kompasiana (Koteka) berkolaborasi dengan Kompasiana Purwakarta (Warga Kota) dan didukung penuh oleh Bidang Pariwisata (Bidpar) Disporaparbud Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan wisata yang bertema "Rethinking Purwakarta Istimewa".

Kegiatan ini merupakan hasil dari kelanjutan Zoom Koteka bulan Maret 2021 tentang Pariwisata Purwakarta Istimewa yang mana hasilnya Bidpar Disporaparbud Purwakarta siap memfasilitasi jika Koteka membuat kegiatan Trip di Purwakarta. Karena tahun lalu pandemi sedang puncak-puncaknya sehingga kegiatan trip Koteka di Purwakarta baru bisa terwujud di tahun ini.

Persiapan Kegiatan

Kegiatan ini kembali di cetuskan saat saya dan Mbak Gana (Gana Steggman) dari Koteka bertemu di Koteka Trip Kota Tua bulan Agustus lalu. Karena kegiatan Warga Kota merupakan tanggung jawab saya dan selama ini selalu diserahkan ke saya, maka untuk kegiatan ini saya berusaha semaksimal mungkin mempersiapkannya dengan baik apalagi ini event besar dan melibatkan banyak pihak.  Saya pun mulai mempersiapkan segala hal dari mulai pembuatan proposal untuk Bidpar, membuat desain poster maupun banner dan mencari sponsor mengingat keuangan Warga Kota yang terbatas. Ini tentunya menjadi tantangan untuk saya untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan, event lain (saat itu persiapan untuk Kemah Literasi Jawa Barat) maupun mempersiapkan event Koteka Trip. Komunikasi via online terus dilakukan dengan panitia lainnya karena untuk mempersiapkan ini tidak mungkin bergerak sendiri. 

Pembagian tugas dan tanggung jawab antara Koteka, Warga Kota maupun Bidpar dilaksanakan dengan baik. Koteka yang diwakilkan oleh Gana Steggman dan Ony Jamhari serta Kompasiana yang diwakilkan oleh  Kevin maupun Hafidz membuat Promosi, pemilihan peserta, menginformasikan kegiatan di akun Koteka maupun Kompasiana, bertanggung jawab ketika pelaksanaan trip  dan mengkoordinir peserta selama kegiatan. Bidpar mengkondisikan tempat wisata termasuk memfasilitasi makan siang peserta.

Kolaborasi dengan Sponsor Kegiatan

Setelah semuanya siap maka tinggal mencari sponsor untuk kegiatan Koteka Trip agar jangan sampai peserta pulang dengan tangan kosong tanpa membawa buah tangan dari Purwakarta. 

Pemuda-pemuda hebat dari Perpusdes Sumurugul yang pertama kali bersedia memberikan produk dari desa mereka. Saya dan para pemuda itu bertemu di Kegiatan Kemah Literasi Jawa Barat. Timbal baliknya saya membuat ulasan tentang mereka yang ternyata diganjar headline di Kompasiana.

Kemudian melalui teman baik saya yang juga seorang penggiat literasi, saya dihubungkan dengan seseorang yang mempunyai usaha makanan dan terbiasa membuat snack untuk kegiatan-kegiatan di Purwakarta (dan tentunya rasanya enak) yaitu Dian (Momdi) melalui produknya yaitu Momdi Food. 

Momdi selain memiliki usaha kecil juga seorang penggiat literasi Purwakarta yang membangun taman baca di rumahnya. Alhamdulillahnya Momdi bersedia membantu bahkan saya diminta membuat poster open sponsor yang akan dibagikan ke group Icip-Icip yang merupakan group UMKM Purwakarta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan