Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - ASN di Purwakarta yang jatuh hati dengan dunia kepenulisan dan jalan-jalan

Menulis adalah panggilan hati yang Tuhan berikan. Caraku bermanfaat untuk orang banyak adalah melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Selamat Ulang Tahun ke-8 KOMiK

22 Agustus 2022   20:09 Diperbarui: 23 Agustus 2022   06:01 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: dokumentasi KOMiK

Sering kali beberapa orang bertanya, apa yang kamu dapatkan dengan sering menulis di Kompasiana? Berapa banyak materi yang telah kamu dapatkan dengan banyaknya menulis atau mengulas sesuatu dalam bentuk tulisan.

Namun ternyata dalam tiga tahun terakhir ini saya sudah mendapatkan yang lebih dari sekedar materi dengan menulis di Kompasiana. Yaitu bertemu dengan banyak kawan baru, pengalaman baru dan banyak berguru dari mereka yang sudah lama menjadi Kompasianer.

Di Kompasiana banyak sekali Komunitas yang menjembatani para Kompasianer untuk bergabung sesuai dengan minat Kompasianer itu sendiri. KOMiK (Kompasianers Only Movie enthuse(iast Klub) contohnya yang menjadi satu-satunya Komunitas di Kompasiana yang fokus ke dunia Film.

Meskipun dari awal bergabung di Kompasiana saya sudah menulis tentang Film bahkan sejauh ini pembaca terbesar saya adalah tulisan saya yang berhubungan dengan film (Rumah si Doel) dengan lebih dari 8rb pembaca. Bahkan Julukan Duo Maudy (Maudy Koesnaedi dan Maudy Ayunda) yang saya pilih sebagai judul tulisan kemudian menjadi hits dan sering dipakai oleh kedua penggemar aktris-aktris tersebut.

Ketika saya memutuskan untuk tidak lagi bergabung sebagai "tim support" seseorang yang sudah memberikan saya banyak kesempatan emas dan pengalaman berharga dalam mengenal dunia film secara lebih luas lagi. Itu artinya saya harus mandiri dan tidak lagi mendapatkan fasilitas tiket nonton gratis ataupun undangan premier gratis. Harus ada usaha untuk mendapatkan dua hal tersebut. Karena saya sudah memilih untuk fokus sebagai penulis di Kompasiana yang ternyata di luar dugaan adalah pilihan yang tepat karena saya kembali mendapatkan banyak kesempatan berharga.

Film Ave Maryam menjadi film pertama saya diundang dengan kapasitas sebagai penulis review film. Saat itu di list undangan tertulis nama saya dan nama media "Kompasiana" karena saat itu sang sutradara menyukai tulisan saya tentang Ave Maryam yang saya tulis di Kompasiana. Beliau berkenan mengundang saat gala premier film tersebut. Setelah itu terjadi pandemi yang justru pada saat pandemi itulah saya mulai mengetahui tentang adanya Komunitas Film di Kompasiana dengan ajang pertama yang saya ikuti yaitu Liga Komik. Sebuah ajang tahunan yang lombanya tentang dunia perfilm-an tidak hanya tanah air namun juga film dari mancanegara.

Alhamdulillah di ajang lomba film yang pertama kali saya ikuti, saat itu tim saya lolos di babak awal meskipun kemudian terjungkal di babak selanjutnya. Namun ternyata kegiatan itu akhirnya membuat saya jadi tahu lebih tentang KOMiK apalagi semenjak salah satu pengurusnya yaitu Mbak Dewi Puspa dinobatkan sebagai Kompasianer of The Year 2021. Dan akhirnya saya menemukan "rumah" baru yang berisi keluarga yang mempunyai visi, misi dan hobby yang sama dalam dunia film.

Hampir 2 tahun saya bergabung dengan KOMik. Sudah 2 kali saya mengikuti lomba mengulas film dengan tema yang berbeda yang kemudian tulisan tersebut dimuat dalam dua buku. Trip ke Museum Penerangan menjadi ajang offline pertama KOMik maupun Kompasiana setelah Pandemi. Saat itu saya bertemu dengan pengurus Inti (Mas Maidy, Mbak Dewi dan Mbak Linda) serta Komiker-Komiker yang sudah lama bergabung di KOMiK.

Foto: dokumentasi KOMiK
Foto: dokumentasi KOMiK

Kapan lagi coba bisa trip keliling museum yang menyimpan banyak benda bersejarah dalam dunia televisi, radio, film maupun surat kabar.  Kesempatan emas ini bisa didapatkan dari Komunitas Film Kompasiana yaitu KOMiK. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun