Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Menulis adalah dunia saya

Mencintai dunia literasi, Penikmat Alam, Traveller dan kadang merangkap sebagai Guide

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Parcel Lebaran dari Sekolah untuk Siswanya

7 Mei 2021   12:31 Diperbarui: 13 Mei 2021   06:42 278 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Parcel Lebaran dari Sekolah untuk Siswanya
Foto : dokumentasi pribadi

Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah. Bulan dimana banyak pahala yang kita dapat dengan tentunya melakukan ibadah wajib maupun sunah yang kita jalankan. Pahala selama bulan ramadan itu digandakan berkali lipat dan mendatangkan keberkahan yang lebih lagi.

Salah satu ibadah yang rutin dilakukan selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri adalah berbagi dengan sesama.

Dalam ajaran agama manapun, berbagi dengan sesama adalah bagian dari ajaran kebaikan dan ketakwaan dan kegiatan berbagai ini juga harus diterapkan sejak dini kepada anak-anak.

Dalam Pancasila, berbagi sesama merupakan impelementasi dari Pancasila Sila Ke-2 dan ke-5.

Dalam Sila ke-2 menyebutkan bahwa hendaknya kita memperlakukan manusia secara adil dalam hak, kewajiban, derajat, tanpa membedakan suku, agama, keturunan, ras, jenis kelamin, kelas sosial, hingga warna kulit. 

Selain itu harus saling tenggang rasa dan mencintai sesama manusia. 

Sedangkan dalam sila ke-5 menyebutkan bahwa hendaknya dengan sesama harus saling bergotong royong.

Ajaran agama dan Pancasila inilah yang kemudian diterapkan di sekolah sebagai tempat yang tidak hanya mencari dan mendapatkan ilmu bagi anak namun juga mendapatkan pengalaman tentang pelajaran kehidupan lainnya. Salah satunya berbagi pada sesama.

Meskipun pandemi Covid membuat anak-anak tidak bisa belajar di sekolah namun anak-anak masih bisa belajar di rumah secara online. Komunikasi dengan guru tidak hanya terjadi saat kegiatan pembelajaran namun juga dilakukan lewat WhatssApp.

Foto : dokumentasi pribadi
Foto : dokumentasi pribadi
Di masa pandemi ini pula sekolah tempat saya mengabdi yaitu SMPN 8 Purwakarta mengadakan kegiatan rutin berbagi kepada siswa maupun lingkungan kurang mampu yang dilaksanakan sebulan sekali namun jika donaturnya banyak yang menyumbang, kegiatan itu bisa dilakukan sebulan dua kali atau bahkan seminggu sekali. Kegiatan ini dilakukan setelah melakukan pendataan terlebih dahulu keadaan ekonomi siswa. 

Dan hasilnya adalah bahwa di sekolah mayoritas siswanya berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah diantaranya siswa yatim, piatu, yatim-piatu maupun dhuafa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x