Mohon tunggu...
EGOST
EGOST Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Longsor

2 Maret 2019   08:28 Diperbarui: 2 Maret 2019   08:56 16 1 0 Mohon Tunggu...

Disebuah kota terletak disukabumi ada beberapa bukit yang tinggi, dibawah bukit-bukit tersebut ada sebuah perkampungan. Suatu ketika tepatnya pada malam tahun baru dikota ini mengalami hujan yang sangat deras, dan tiba-tiba dibawah bukit ini (perkampungan) terjadi longsor yang mengerikan sekali, sehingga ada beberapa rumah rumah yang disekitar tertimbun oleh longsor dan juga banyak warga yang mengalami luka-luka bahkan ada juga yang meninggal ditempat.

Dari BPBD SUKABUMI mengatakan "kawasan perkampungan ini (cisolok) memang rawan banjir dan longsor sejak 2010". Menurut BASARNAS mengatakan "proses pencarian korban pada awalnya dilakukan secara manual oleh tim SAR gabungan dan relawan sambil menunggu alat-alat berat sampai. Dan juga menurut KEPALA PUSAT VULKANOLOGI DAN NATIGASI BENCANA GEOLOGI KASBANI "mengatakan ada tiga faktor yang bisa menyebabkan longsor kawasan perkampungan (cisolok), Sukabumi". Faktor penyebab terjadinya gerakan tanah itu diperkirakan hujan dengan intesitas tinggi yang turun sebelum gerakan tanah.

Jadi, untuk kawasan perkampungan ini (cisolok) tepatnya dikota sukabumi ini tidak layak untuk dihuni, karena kawasan tersebut memang berbahaya/rawan longsor juga. Sehingga masyarakat cisolok seharusnya dipindahkan didaerah tersebut, meskipun sulit dipindahkan juga. Ada juga beberapa upaya yang harus pemerintah mengantisipasi wilayah dicisolok, jika tidak diantisipasi masyarakat didaerah kawasan tersebut akan dalam kawasan berbahaya.

Ditulis oleh :

Nama : Khoirul Fauzi

Kelas : XII MIPA 3

VIDEO PILIHAN