Mohon tunggu...
EGOST
EGOST Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Terjadinya Gempa Bumi

1 Maret 2019   18:59 Diperbarui: 1 Maret 2019   19:08 18 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terjadinya Gempa Bumi
Dok. Pribadi-- Fina Hardianti

Gempa Bumi merupakan salah satu fenomena alam yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar,karena keberadaannya sering terjadi di dunia.Kejadian alam ini terjadi karena adanya guncangan di dalam lempeng bumi.Guncangan tersebut terjadi karena adanya pergeseran lempengan bumi dan juga runtuhan batuan.Selain itu gempa bumi juga bisa terjadi karena adanya letusan oleh gunung berapi.Seperti yang kita ketahui Alat ukur yang digunakan untuk mengukur sebesar apa gempa tersebut terjadi disebut seismometer.Jika gempa bumi ini terjadi di sekitar laut, dan besarnya lebih dari 7 skala richter biasanya akan berpotensi menyebabkan tsunami.

Di Indonesia sendiri gempa bumi sangat sering terjadi.Para ahli mengatakan "apabila dilihat secara geologi,baik dari lempengan dan patahan yang ada,gempa bumi memang sudah pasti akan terjadi di Indonesia" . Menurut Dr.Daryono kepala bidang informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami BMKG bahwa "wilayah Indonesia memiliki posisi yang berada di pertemuan 3 lempengan utama dunia,yaitu Eurasia, Indonesia, dan pasifik .Dari tumbukan ini ada sekitar 6 tumbukan lempeng aktif yang berpotensi memicu terjadinya gempa kuat di Indonesia". "Selain itu wilayah Indonesia juga sangat kaya dengan sebaran patahan aktif atau sesar aktif sehingga tidak heran jika wilayah Indonesia itu dalam sehari bias terjadi lebih dari 10 gempa bumi."Tambahnya. Namun walaupun begitu gempa pun ada yang terasa dan tidak terasa, tergantung kekuatan yang diberikan oleh pergeseran lempengan tersebut.Baru baru ini di Indonesia baru terjadi gempa tepatnya di Lombok.gempa Lombok tersebut menyebabkan banyak korban . Sementara itu gempa aceh 2004 juga menyebabkan banyak korban jiwa.

Oleh sebab itu, jika terjadi gempa bumi di wilayah kita,cepatlah berlari keluar rumah dan pergi ketempat yang luas seperti lapang dan sebagainya .Jika tidak ada, carilah tempat yang menurut kita aman seperti bawah meja atau yang lainnya.Dan siapkanlah barang barang yang sangat dibutuhkan seperti air minum untuk keperluan darurat jika gempa tersebut terasa cukup besar oleh kita karena di khawatirkan takut terjadi gempa susulan.

Ditulis oleh :

Nama : Fina Hardianti 

Kelas : XII MIPA 3

VIDEO PILIHAN