Mohon tunggu...
Minhatin alfi
Minhatin alfi Mohon Tunggu... Minhatin alfi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pembelajaran Matematika pada AUD

20 Maret 2020   21:03 Diperbarui: 20 Maret 2020   21:04 10 0 0 Mohon Tunggu...

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang selalu dibutuhkan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Seperti, disaat berbelanja kita pastinya perlu menghitung barang apa saja yang ingin kita beli dan harga barang yang mau dibayar.

Menurut Sriningsih,N (2008:63) mengungkapkan bahwa  dalam kegiatan berhitung ini pada anak usia dini dilakukan secara menyebutkan urutan bilangan. Dapat disimpulkan bahwa dari kegiatan berhitung pada anak usia dini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan juga sebagai dasar perkembangan mengenal bilangan dan berhitung kemampuan matematika pada anak.

Tujuan dari pembelajaran berhitung di Taman Kanak-Kanak, yaitu dari sejak dini anak harus sudah dilatih untuk berfikir secara logis dan juga sistematis dan anak diperkenalkan pada dasar - dasar pembelajaran berhitung sehingga anak akan lebih siap pada saat mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang kelas selanjutnya. 

Jika dalam kegiatan berhitung melalui bermain akan terasa lebih afektif dibandingkan jika guru hanya lebih dominan menjelaskan  saja. Dan anak juga akan lebih cepat dalam menangkapan pelajaran apabila yang ia pelajari sesuai dengan minat, kemampuannya.

Dalam permainan berhitung akan lebih menyenangkan jika anak diberi kesempatan dalam berpartisipasi dan menyelesaikan masalah - masalahnya sendiri dan pastinya pendidik juga mengawasi jika anak mengalami kesusahan dan pendidik bisa membantu agar anak tidak merasa terbebani . 

Diperlukannya alat peraga agar permainan berhitung lebih terasa menyenangkan dan bendanya sesuai dengan tiruannya, sangat mudah di gunakan dan aman untuk anak-anak. Agar lebih mudah dimengerti oleh anak - anak lebih baiknya menggunakan bahasa yang sangat sederhana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x