Mohon tunggu...
mikhael rian
mikhael rian Mohon Tunggu... Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang rajin menabung dan tidak sombong

jarang aktif, sibuk ibadah

Selanjutnya

Tutup

Bola

Cristiano Ronaldo Vs Dewa Kipas, Siapa Menang?

22 Maret 2021   00:24 Diperbarui: 22 Maret 2021   01:05 136 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cristiano Ronaldo Vs Dewa Kipas, Siapa Menang?
Sumber : sportbible.com

He plays on the left he plays the right

He makes England look s**t oh

Ronald Ronald

Begitulah lagu yang dinyanyikan oleh fans dari Manchester United tentang Cristiano Ronaldo. Siapa disini yang tidak tahu Ronaldo? Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau yang biasa disebut dengan CR7 ini merupakan mega bintang dari salah satu olahraga terpopuler di dunia, yaitu sepakbola. 

Ronaldo sendiri memiliki banyak fans yang berasal dari Indonesia, mengapa begitu? Dilansir dari cnnindonesia.com, Indonesia merupakan Negara kedua yang memiliki ketertarikan terhadap olahraga ini dengan presentase sebesar 77% dan disusul oleh Thailand dengan presentase sebesar 75%.

Maka dari itulah sepakbola merupakan budaya populer di seluruh penjuru dunia. Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu mengetahui apa itu budaya populer. Budaya populer adalah budaya yang banyak digemari oleh masyarakat dan sifatnya relevan dengan kehidupan sehari-hari. Budaya populer memiliki ciri seperti menjadi tren karena memiliki banyak penggemar ataupun pengikut dan mengandung unsur bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Mengapa sepakbola menjadi budaya populer? Seperti yang dikatakan diatas bahwa sepakbola memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di seluruh penjuru dunia, sepakbola juga bukan merupakan budaya tinggi karena tidak semua penggemar sepakbola merupakan orang-orang kaya, namun orang-orang menengah kebawah juga dapat merasakan sensasi menjadi penggemar sepakbola.

Sumber : kompas.com
Sumber : kompas.com

Berlainan halnya dengan olahraga yang satu ini, catur. Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang tidak memiliki banyak penggemar seperti sepakbola. Jumlah penggemar catur terbentang jauh dibawah penggemar sepakbola. Olahraga catur sendiri memiliki organisasi nasional yaitu PB PERCASI. 

Catur ini merupakan salah satu olahraga subkultur dimana peminat dari catur adalah orang-orang tertentu yang sudah menekuni bidang olahraga ini selama bertahun-tahun bahkan sampai belasan tahun. Catur merupakan sebuah subkultur dikarenakan jumlah peminatnya tidak sebanyak olahraga-olahraga populer lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN