Mohon tunggu...
Miftahul Jannah
Miftahul Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Silahkan fikirkan dahulu apa tujuan hidup anda sebelum anda memulai hidup anda.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Inilah Arti Seorang Guru bagi Kehidupan Kita

25 Maret 2020   23:11 Diperbarui: 25 Maret 2020   23:07 20 0 2 Mohon Tunggu...

Jika kita mendengar kata seorang Guru, apa yang ada dalam pikiran kita? Apakah kita bisa mendeskripsikan sosok seorang guru bagi kehidupan kita semua? Iya, mungkin sepatah, dua kata tidak akan cukup untuk mendeskripsikan betapa berharganya seorang guru ini bagi kita semuanya. 

Guru adalah orang kedua yang berharga setelah orang tua yang melahirkan kita. Guru adalah sosok yang berhati tulus dalam menjalankan tugasnya. Bagi seorang Guru, menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan, melainkan bentuk abdi terhadap dirinya sendiri dalam mengamalkan ilmu yang ia miliki. Mengapa demikian? Karna seorang guru tidak pernah meminta lebih atas apa yang telah ia berikan dan apa yang telah ia perjuangkan. 

Kita tidak akan pernah menjadi siapa diri kita yang sekarang tanpa adanya jasa dari seorang guru dalam kehidupan kita. Tentu, guru memiliki arti penting dalam kehidupan kita. Berkat kesabaran hati seorang guru lah yang menjadikan diri kita menjadi seperti yang saat ini. 

Seorang guru berhak menempatkan ruang khusus dalam pribadi diri kita. Seorang guru adalah sosok yang berhati tulus, menerima segala perbedaan karakter dari masing-masing anak didiknua. Seorang guru juga menjadi contoh suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Oleh karena itu, seorang guru harus memberikan contoh kepribadian yang baik, karena peserta didik tentu juga menilai pribadi dari masing-masing gurunya. Seorang guru adalah dunia masa depan kita. Karena dari didikan mereka kita bisa memahami isi dunia ini dengan ilmu yang telah guru kita berikan. Guru adalah jendela kehidupan bagi suatu negara. Negara yang berhasil adalah negara yang mampu memuliakan seorang guru. Bahkan tidak lah mungkin seorang pemimpin negara itu menduduki posisinya tanpa ada jasa dari seorang guru yang memberikan jendela wawasan yang ia dapatkan. Hanya seorang guru yang mampu menciptakan lahirnya pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Guru memiliki arti penting atas perjuangan yang telah dijalani dengan totalitas tanpa batasnya. Seorang guru mampu bersabar, bertahan sebelum mengantarkan peserta didiknya menuju pemahaman yang diinginkan. Meskipun guru harus berhadapan dengan masing-masing karakter peserta didiknya. Seorang guru adalah cahaya yang menjadi penerang dari kegelapan. Arti penting seorang guru dalam kehidupan kita tidak semata-mata bisa dijelaskan dengan satu kata dua kata saja. Hanya bisa digambarkan dengan 'jam'. Selagi jam tersebut memiliki batrai yang masih hidup, maka jarum jam tidak akan pernah berhenti memutari angkanya. Seorang guru yang masih diberikan nyawa dalam hidupnya, ia tidak akan pernah berhenti menjalankan tugasnya sampai di detik terakhir hayat hidupnya.

VIDEO PILIHAN