Mohon tunggu...
Miftahul Abrori
Miftahul Abrori Mohon Tunggu... Menjadi petani di sawah kalimat

Writer & Citizen Journalist. Lahir di Grobogan, bekerja di Solo. Email: miftah2015.jitu@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Musik

Via Vallen dan Nella Kharisma, Biduan Kampung Pendobrak Dangdut Nasional

30 November 2019   20:01 Diperbarui: 30 November 2019   20:18 73 0 0 Mohon Tunggu...
Via Vallen dan Nella Kharisma, Biduan Kampung Pendobrak Dangdut Nasional
Foto: Grid.id

Harus kita akui, kepopuleran Via Vallen saat ini nyaris tak terkejar penyanyi dangdut lain. Para penyanyi jebolan akademi dangdut televisi pun kalah populer. Apalagi, biduan-biduan panggung asal daerah makin ketinggalan. Bintang Via Vallen melesat jauh dari perkiraan.

Bagi penikmat dangdut koplo, Nella Kharisma termasuk penyanyi  populer. Ia digadang-gadang dapat menjadi pesaing bagi Via Vallen. Tentu dalam arti positif, mampu menyusul kepopuleran Via Vallen di belantika musik nasional.

Kepopuleran Via Vallen dan Nella Kharisma mengerek biduan panggung menuju panggung dangdut nasional, seperti Tasya Rosmala, Jihan Audy, Ratna Antika, Lilin Herlina, Wiwik Sagita, dan penyanyi lain.

Membandingkan dua penyanyi berbakat di ranah dangdut Koplo ini barangkali kurang apple to apple, tetapi duo biduan dangdut dari daerah ini cukup berimbang.

Foto: JawaPos.com
Foto: JawaPos.com
Media paling bonafide di Jawa Timur, Jawapos (23/1/2018) mengakui jika dua penyanyi dangdut asal Jawa Timur yaitu Via Vallen (asal Sidoarjao) dan Nella Kharisma (asal Kediri) bisa dikatakan sedang berada di puncak popularitas. Apalagi, dua lagu mereka sama-sama ditonton lebih dari 100 juta penonton di Youtube. 

Nella Kharisma mampu mengungguli Via Vallen, lewat Lagu Jaran Goyang yang hingga tulisan ini dibuat (30/11/2018) ditonton 236 juta kali, berbanding lagu Sayang yang ditonton 186 juta kali. Untuk kategori dangdut, Lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah berada di puncak dengan mengumpulkan 554 juta kali dilihat penonton.

Akan tetapi, frekuensi tampil di televisi nasional, Via Vallen sering wara-wiri di TV, ketimbang Nella Kharisma. Maklum, Nella pernah melakukan 'kesalahan' dalam penampilan pertamanya di TV. Ia salah mengambil nada saat menyanyikan lagu Konco Mesra. Sehingga membuatnya tidak percaya diri, seperti dikutip dari Tribunnews (22/8/2018), karena mendapat komentar yang kurang mengenakkan dari penggemar dangdut koplo.

Di Panggung nasional, Via Vallen semakin di depan. Ia bahkan mampu "mempecundangi" artis-artis dangdut Ibukota. Terbukti, ia menjadi satu-satunya penyanyi dangdut yang tampil di acara pembukaan Asian Games 2018 lalu.

Ia dipercaya menyanyikan lagu resmi perhelatan terbesar di Asia itu lewat tembang Meraih Bintang, dikutip dari Liputan6.com (18/8/2018). Lagu tersebut sudah ditonton 138 juta kali

Via Vallen dan Nella Kharisma adalah bukti bahwa biduan "kampung" pun bisa diterima penikmat musik Indonesia. Keduanya memiliki fans setia yang mengerubungi setiap aksi panggungnya. Fans setia Via tergabung dalam Vyanisty. Begitu pula Nella punya fans bernama Nella Lovers.

Meski tak bisa dielakkan jika ada sedikit perselisihan di antara Vyanisty dan Nella Lovers, dan itu wajar-wajar saja sebagai penggemar. Via Vallen dan Nella Kharisma tidak mau larut terlibat dalam perang dingin yang dilakukan penggemar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x