Mohon tunggu...
Michael Sendow
Michael Sendow Mohon Tunggu... wiraswasta -

Writer &Trainer. Motto: As long as you are still alive, you are capable of changing and growing. You can do anything you want to do, be anything you want to be. Cheers... http://tulisanmich.blogspot.com/ *** http://bahasainggrisunik.blogspot.co.id/ *) Menyukai permainan catur dan gaple. Menulis adalah 'nafas' seorang penulis sejati. I can breath because I always write something...

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Prepositions

18 Februari 2014   23:19 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:42 588 12 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prepositions
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

P * R * E * P * O * S * I * T * I * O * N * S

[caption id="attachment_312662" align="aligncenter" width="623" caption="Sumber Gambar: blog.eduzire.com"][/caption]

Para pembaca Kompasiana, semoga saat ini semuanya berada dalam keadaan yang sangat-sangat sehat dan cemerlang. Melakukan aktifitas dengan sempurna. Nah, kali ini saya bermaksud mengajak pembaca sekalian untuk sejenak belajar bersama tentang apa yang namanya preposition. Salah satu “mata ajaran” yang amat sangat diminati, namun serempak paling sering salah penggunaannya, oleh sebagian besar kita.

In, on, at, since, for, to, till, dan sebagainya, adalah merupakan beberapa contoh preposisi tersebut. Tak jarang, kita mesti legowo mengakuinya, bahwa kita masih bingung dimana dan pada saat mana harus menggunakan ‘in’. Lalu, ketika apa harus menempatkan ‘on’. Dan bilamana kita mesti meletakkan ‘at’. Kapan harus memakai ‘till’, dan kapan pula harus menggunakan ‘by’, serta masih banyak contoh kasus lainnya.

Misalnya, mana yang tepat untuk digunakan pada kalimat berikut ini: In the morning atau on the morning? In the kitchen atau on the kitchen, atau juga at the kitchen? In the table atau on the table? In the room atau at the room? Atau kedua-duanya diperbolehkan?. Apakah bisa memakai ‘at’ pada kalimat I put something at the table?

Di dalam menggunakan Bahasa Inggris, baik berucap maupun menulis, maka akan ada banyak sekali perjumpaan kita dengan berbagai bentuk preposition, baik waktu maupun tempat. Dan sebetulnya, ada cara sederhana untuk memastikan bahwa kita sudah menempatkan dan menggunakan preposition yang tepat. Yaitu menggunakan ‘indera ke-tujuh’ Anda. Perasaan terdalam Anda hehehe…

Dalam Preposition Time umpamanya, kita akan menemukan on, in, at, for, before, ago, to, past, since, etc.

‘On’ dapat dipakai untuk menunjukkan hari (dalam seminggu). Contoh: On Sunday, on Saturday, on Tuesday, dan yang lainnya.

Lantas bagaimana dengan ‘in’? Nah, ia dapat dipakai untuk menunjukkan waktu (dalam sehari), bulan (dalam setahun) ataupun season tertentu. Juga untuk menunjukkan tahun tertentu, dan dalam sebuah kurun waktu tertentu juga (biasanya untuk menjawab pertanyaan ‘when?’)

Contoh penggunaan: In April, in January, atau juga in summer, in spring time, dan sebagainya. Bisa juga, in the morning, in the afternoon. Begitu juga, in 2012, in 2014. Serta, in an hour, in two hours, in three hours, dan seterusnya.

Bagaimana dengan penggunaan ‘at’? Preposisi ‘at’ dapat dipakai untuk waktu malam (contoh dalam kalimat: He will come at night), akhir pekan (at the weekend), dan kurun waktu tertentu (misalnya, at half past two).

[caption id="attachment_312663" align="aligncenter" width="570" caption="Sumber Gambar: www.towson.edu.com"][/caption] Untuk menunjukkan over a certain period of time maka dapat dipakai ‘for’. Misalnya pada kalimat ini: I will go to Manado for 2 years. (artinya saya akan pergi ke Manado selama 2 tahun). ‘Since’ dapat dipakai umpamanya pada kalimat ini: I’m active in Kompasiana since 2011.

Beberapa contoh preposition time lainnya: Before 2014 (sebelum tahun 2014). I’m on vacation until next week. It will be done by tomorrow morning.

Sekarang kita bahas tentang preposition – place. Preposition ‘in’ dapat dipakai misalnya seperti ini: In the car, in Jakarta, in the picture, in Kompasiana, dan sebagainya. Pemakaian ‘at’ lain lagi, ia digunakan seperti pada contoh berikut ini: At the concert, at the school, at the airport, at the door, dan lain sebagainya. ‘on’ dapat digunakan seperti pada contoh berikut ini: On the move, on the right side, on television, on the third floor, dan contoh-contoh lainnya.

Beberapa contoh penggunaan preposisi tempat lainnya: I am standing beside you. I put my shoes under the table. I am going into my room. Yo have to go to Semarang next week. Nah, sekarang coba perhatikan dan buat contoh sendiri dari preposition berikut ini (masak dari saya melulu sih hehehe): Across, towards, below, above, onto, dan from. Bukankah dengan semakin banyak melatih diri, akan semakin pula memahirkan kita. Untuk itu, cobalah dijawab dan ulangai lagi dengan menggunakan semakin banyak contoh. Karena repetition (pengulangan) adalah salah satu alat pembelajaran paling bagus untuk membuat kita cepat menghafal dan lambat melupakan.

Itulah kira-kira beberapa idea on my mind. Kiranya berkenan, dan dapat memberi manfaat bagi setiap pembelajar Bahasa Inggris yang budiman. You are always on my mind…Cheers! ---Michael Sendow---

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x