Mohon tunggu...
Michelle Lee
Michelle Lee Mohon Tunggu... Freelance Blogger

halo salam kenal!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mengapa Orang Awam Sering Gagal Melakukan Optimasi SEO?

25 Februari 2021   12:00 Diperbarui: 25 Februari 2021   12:02 58 2 0 Mohon Tunggu...

Orang yang baru saja masuk dalam dunia digital marketing, terutama SEO berpikir bahwa ini adalah salah satu strategi yang efektif karena biaya yang dikeluarkan lebih rendah namun bisa mendapat keuntungan yang cukup tinggi. Sehingga banyak orang mulai mengoperasikan sendiri tanpa bantuan jasa digital marketing agensi ataupun profesional karena merasa optimasi SEO sangat mudah. Namun tidak sedikit orang gagal di tengah jalan karena pengoptimalan keywords sendiri adalah teknologi yang terus berkembang dan adanya pembaruan search engines yang terus menerus. Berikut adalah berbagai macam alasan mengapa orang awam sering gagal saat mengoperasikan SEO.

1. Ekspektasi terdapat optimasi SEO

Copywriting tidak sesederhana yang Anda kira, karena dilihat dari banyaknya faktor SEO. Di sisi lain, hasil dari optimasi SEO juga memerlukan waktu yang tidak singkat, Anda tidak dapat langsung mendapat hasil yang signifikan. Bahkan walaupun Anda menggunakan jasa perusahaan SEO profesional untuk melakukannya, Anda tetap harus menunggu search engines bekerja.

2. Tidak ada strategi yang cukup matang
Sebelum Anda memutuskan untuk optimasi SEO, Anda harus menyiapkan strategi yang jelas dan matang dengan merencanakan materi dan proyek secara jelas. SEO tidak hanya bicara dari segi penulisan/copywriting, namun juga harus diperhatikan dari segi teknis, seperti website speed, struktur website dan lain hal.

3. Perlunya bantuan dari 'pihak' lain

Agar lebih cepat mendapat hasil yang diinginkan, Anda dapat mengeluarkan biaya lebih untuk memasang iklan Google Ads seperti iklan PPC (Keywords Ads) atau dapat juga memasang iklan Facebook. Cara ini sudah ditempuh oleh berbagai macam pebisnis dan mereka menyadari cara ini adalah yang paling efektif.

Mengoperasikan SEO memang tidak mudah karena memerlukan waktu dan usaha untuk menjalankannya. SEO tidak ada jawaban yang benar karena search engines selalu melakukan perubahan setiap harinya, sehingga harus belajar untuk cepat adaptasi dengan perubahan yang ada. 

VIDEO PILIHAN