Mohon tunggu...
Michelle Biharta
Michelle Biharta Mohon Tunggu... Freelance Blogger

Ingin menyampaikan informasi yang berbobot dan tertarik dalam dunia digital

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apa Itu Optimasi SEO?

23 Februari 2021   16:21 Diperbarui: 23 Februari 2021   16:43 31 0 0 Mohon Tunggu...

Membaraknya pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak aktivitas terpaksa harus dihentikan. Melihat itu, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya memiliki website dan jasa digital marketing, terutama optimasi SEO di era sekarang. Mungkin mereka hanya berpikir SEO hanya untuk meningkatkan peringkat website di search engines. Itu tidak salah, namun tahukah kamu fungsi SEO itu sendiri untuk kelangsungan bisnis?

Sebelumnya, mari kita pelajari terlebih dahulu arti dari SEO.

SEO atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Search Engine Optimization merupakan metode pengoptimalan struktur website dan kontennya sehingga pengguna dapat menemukannya di halaman pertama saat mencari kata kunci yang berhubungan dengan konten website Anda. SEO sendiri juga melibatkan perubahan tertentu dalam desain dan konten yang dapat membuat website Anda jauh lebih menarik untuk dikunjungi.

Menurut survei dari Search Engine Watch, 94% pengguna berasal dari hasil pencarian organik. Artinya penggunaan optimasi SEO sangat penting untuk website Anda, karena website yang dioptimalkan akan mendapatkan rangking yang lebih baik di search engines dan dapat mendatangkan lebih banyak jumlah pengunjung di website Anda.

Tidak hanya itu, optimasi SEO juga termasuk dari jasa digital marketing. Orang-orang selalu melakukan triliunan pencarian setiap tahunnya untuk menemukan informasi tentang produk dan layanan yang mereka inginkan. Tidak hanya itu, pencari hanya akan melihat website yang muncul di halaman pertama search engines. Bagaimana jika website Anda tidak berada di halaman pertama? Akan sangat sulit untuk dilihat oleh target audiens. Melalui strategi SEO, website Anda akan dimodif agar lebih menarik bagi search engines dan cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan ranking di Google search. 

Tidak heran, banyak pemilik website menjadikan search engines, seperti Google sebagai sumber utama trafik website mereka. Oleh karena itu, peringkat website yang lebih tinggi di search engines dapat meningkatkan brand awareness dari suatu bisnis dan membantu menaikkan peluang bisnis yang sangat besar. 

VIDEO PILIHAN