Mohon tunggu...
Michael JuliusFigun
Michael JuliusFigun Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Universtitas Atma Jaya

Michael Julius Figun

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perkembagan Internet Sebagai Wadah Jurnalisme Multimedia

1 September 2020   05:35 Diperbarui: 1 September 2020   05:34 170 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perkembagan Internet Sebagai Wadah Jurnalisme Multimedia
shutterstock

Perkembangan teknologi dan informasi tentunya merupakan hal yang amat sangat wajar. Perkembangan tersebut telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, mulai dari gaya hidup, tata cara berkomunikasi, menganalisis, dan berbagai aktivitas lainnya yang dapat dilakukan dengan waktu yang singkat dan praktis

Internet merupakan perkembangan paling nyata yang dapat kita rasakan di zaman moderen ini. Salah satu fasilitas yang amat sangat mendunia ini telah menjadi bagian terpenting dalam hidup umat manusia. Internet sendiri merupakan alat atau fasilitas yang menandakan bahwa kita hidup dalam peradaban manusia termuktahir saat ini. Internet yang merupakan singkatan dari Interconnected Network yang dimana berfungsi sebagai penghubung dari berbagai jaringan komputer yang ada diseluruh dunia. Jaringan komputer tersebut terhubung ke dalam suatu sistem yang menggunakan TCP/IP  dan nantinya akan terhubung pada berbagai perangkat.

Menurut Widodo (2020), Internet adalah jaringan yang terhubung pada jaringan-jaringan lain, baik itu jaringan publik, jaringan akademik, bisnis serta hal lainnya dan jaringan tersebut dihubungkan dengan beberapa teknologi lainnya seperti jaringan optik dan nirkabel.

Istilah mengenai internet sendiri juga tidak akan asing dan akan sangat familiar di zaman penuh dengan arus perkembangan tekonologi dan informasi. Salah satu contoh adalah perkembangan konektivitas mulai dari 2G, 3G, 4G, dan hingga saat ini 5G muncul sebagai pembaharuan jaringan konektivitas internet lainnya. Hadirnya internet ini sendiri tentu memiliki banyak sekali dampak yang beragam mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Konteks dampak positif dapat kita lihat dimana cepatnya arus pertukaran informasi yang terjadi saat ini. Kita dapat mengirim, melihat, menganalisis, mencari segala jenis informasi dengan sangat cepat karena adanya internet dan hal ini dapat dilakukan tanpa batasan. 

journal.umy.ac.id
journal.umy.ac.id
Hingga saat ini internet terus menerus melakukan "keajaibannya" dalam kehidupan manusia. Menciptakan konsep baru bernama Media Baru. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak media lam yang telah terkonvergensi dengan demikian rupa  dan membentuk beberapa media baru yang tentunya merubah gaya hidup manusia itu sendiri. Kita dapat menjadi partisipan yang lebih aktif dibanding saat era media lama.  Media baru membuat kita dapat melakukan seluruh proses kegiatan yang dilakukan oleh media itu sendiri, mulai dari produksi, konsumsi, distribusi dan merespon secara langsung terhadap kinerja suatu media. 

Menurut McQuail (2011), media baru diartikan sebagai kovergensi dari berbagai media yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Internet meruapakan salah satu contoh besar yang mewakili media baru itu sendiri.

Jurnaliseme Multimedia adalah kegiatan yang hadir karena timbulnya internet di dunia ini. Multimedia sendiri yang berarti lebih dari 2 media atau banyaknya media yang menjadi satu dalam satu platform. Mulai dari foto, video, teks, audio yang dimana merupakan salah satu penopang dari kegiatan multimedia itu sendiri

Menurut Widodo (2020), multimedia tersebut harus mempuyai lebih dari 3 kombinasi media. 

Kegiatan jurnalisme Multimedia akan terus disokong oleh internet dalam segi penerapannya dan hal ini terntu akan berdampak pada sikap manusia sebagai khalayak yang dapat lebih aktif. Maksudnya adalah perannya dapat berubah-ubah dalam kegiatan jurnalisme multimedia.

Referensi:

Widodo, Yohanes. (2020). Jurnalisme Multimedia. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan