Mohon tunggu...
Michael 19
Michael 19 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Berwisata Berdasarkan Materi Cohen - Sosiologi Pariwisata

7 Oktober 2022   20:30 Diperbarui: 7 Oktober 2022   20:31 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Disusun oleh anggota kelompok 1 sosiologi pariwisata, yaitu :

  • Alya
  • Yunisa
  • Nazifa
  • Levi
  • Michael

SOSIOLOGI PARIWISATA

PENGALAMAN BERWISATA BERDASARKAN MATERI COHEN (1972)

Ini beberapa pengalaman berwisata berdasarkan materi cohen (1972), yang disusun oleh anggota kelompok 1 Sosiologi Pariwisata prodi S1 Pariwisata Stiepar Yapari Bandung :

Pengalaman 1 (Drifter -- Ketika Pertama Kali Berwisata ke Taman Langit Pangalengan dengan 1 kelompok terdiri dari 5 orang)

Perkenalkan nama saya Yunisa Maharani dari prodi S1 Pariwisata Stiepar Yapari Bandung. Suatu hari ketika masih di musim covid -- 19 tahun 2020, saya dan 4 teman saya yang lain diminta untuk mengikuti sebuah lomba tourism, di dalam lomba tersebut ada beberapa kategori lomba, dan disini saya di amanati mengikuti lomba tourism promotion untuk membuat sebuah video yang tujuannya untuk mempromosikan destinasi wisata yang saya kunjungi.

Saya berwisata dengan kelompok saya yang terdiri dari 5 orang, ketika di sana karena taman langit Pangalengan baru pertama kali saya kunjungi (drifter), jadi saya hanya melihat apa yang menjadi penasaran saya datang kesana dan tujuan untuk edukasi juga. 

Saya disana melihat seperti daya tarik dari taman langit tersebut seperti melihat sunrise, camping ground, jembatan di atas kebun teh, dan pemandangan yang menurut saya baru karena di taman langit sangat terlihat pemandangan alam sekitarnya juga pemukiman penduduk dari atas sebuah spot, dan hal hal baru yang saya lihat bermunculan sampai saya merasakan kesenangan tersendiri karena bisa melihat situ cilenca yang sangat luas dari atas spot tersebut. 

Kemudian saya juga melihat dan mencoba berbagai fasilitas disana seperti jembatan di atas kebun teh nya, mencoba melihat fasilitas lain seperti area camving groundnya, tempat ukm, tempat parkir, dan fasilitas lain yang ada di taman langit pangalengan. 

Setelah saya mencoba fasilitas disana, saya mengambil beberapa dokumentasi atau foto untuk disimpan di galeri. Pengalaman berwisata pertama kali ke taman langit pangalengan sangatlah menyenangkan dan diluar ekspetasi, karena disana terdapat pengalaman yang sangat indah sangat terlihat dari DTW tersebut, dan udaranya pun lebih dingin dari biasanya karena ketika saya kesana sedang musim hujan.

Pengalaman 2 (Drifter -- Pengalaman berwisata ke Yogyakarta)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun