Mohon tunggu...
mia runi
mia runi Mohon Tunggu... ENERGIK

Saya seorang mahasiswa yang energik dengana cita cita tinggi

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Taekwondo Beladiri yang Menyenangkan

2 Juli 2019   18:43 Diperbarui: 2 Juli 2019   18:56 0 0 0 Mohon Tunggu...

Taekwondo Beladiri Yang Menyenangkan

       Disini saya akan membahas mengenai salah satu olahraga dalam bela diri yaitu taekwondo. Kenapa? Karna pengalaman saya sendiri yaitu mengikuti salah satu organisasi taekwondo di unisnu jepara. Taekwondo merupakan olahraga yang mengasyikan, seru, dan bisa melenturkan badan atau tubuh. Banyak orang bilang taekwondo itu beresiko ? Padahal tidak, beladiri ini sangat menyenangkan. Apalagi saat sedang banyak fikiran atau stress saya sangat senang sekali melakukan olahraga ini, selain bisa meningkatkan tenaga dan stamina mood untuk latihan pun akan bertambah dan dapat menghilangkan stress.

        Taekwondo adalah olah raga bela diri dari Korea yang paling populer. Dalam bahasa Korea, Tae berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki"; Kwon berarti "tinju"; dan Doberarti "jalan" atau "seni". Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai "seni tangan dan kaki" atau "jalan" atau "cara kaki dan kepalan".

       Gerakan-gerakan taekwondo bisa melindungi diri dari serangan musuh yang mendadak ataupun tidak, apalagi saya sebagai perempuan sendiri sangat senang belajar taekwondo yang pasti selain kegemaran juga untuk melawan musuh yang datang.

       Disini ada Tiga Materi Dasar Taekwondo yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Poomse atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.

2. Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.

3. Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

       Kemudian ada beberapa  tehnik Pukulan, Tendangan, dan Tangkisan dalam gerakan taekwondo, yaitu :

a. Pukulan

. Momtong jireugi: pukulan mengarah ke ulu hati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x