Mohon tunggu...
Muhammad Zulham
Muhammad Zulham Mohon Tunggu... karyawan swasta -

An English teacher. Linux user of openSuse and Ubuntu. Chief editor of @pkreatif and @ourbecc. Visit my blog PengusahaKreatif.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Menjadi Jutawan dengan Ide Bisnis yang Tidak Lazim

25 Maret 2012   04:39 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:31 1120 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pernahkah anda mempunyai sebuah ide bisnis yang mungkin kelihatannya konyol bagi anda namun ternyata berhasil anda jalankan?

Atau mungkin anda pernah melihat seseorang yang membangun bisnisnya dengan berbekal sebuah ide yang tampak aneh bagi anda namun orang tersebut berhasil membuat idenya tersebut sukses luar biasa?

Nah sekarang, pernahkah anda mendengar seseorang yang menjual sebuah piaraan namun bukan berbentuk binatang melainkan berbentuk batu?! Bahkan ia berhasil menjadi jutawan berkat ide konyolnya tersebut dalam waktu enam bulan!! Bagaimana mungkin?

Bisnis tersebut bernama Pet Rock. Ide Pet Rock ini dimulai pada April 1975 oleh seorang eksekutif periklanan yang bernama Gary Dahl. Ceritanya pada suatu malam, Gary sedang menikmati minuman bersama seorang temannya. Dari obrolan yang mereka lakukan, topik pun kemudian berubah membahas tentang binatang piaraan. Dari cerita tersebut, Gary mengatakan pada temannya bahwa ia menganggap binatang piaraan seperti kucing, anjing, burung, dan bahkan ikan sekalipun sangat merepotkan dan memerlukan biaya perawatan yang cukup tinggi. Kemudian sambil bercanda Gary mengatakan bahwa ia mempunyai ‘piaraan’ lain yang sangat ideal dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal serta tidak pernah rewel, tidak pernah sakit, dan bahkan tidak bisa mati, yaitu sebuah batu!

Walaupun bercanda, ternyata Gary menganggap ide yang dilontarkannya tersebut sebagai sebuah peluang emas yang potensial jika digarap dengan serius. Mulailah ia mempersiapkan sebuah buku panduan yang diberi judul “The Care and Training of Your Pet Rock”, yaitu sebuah buku yang berisi instruksi atau panduan rinci tentang membangun hubungan yang menyenangkan dengan batu piaraan tersebut. Isinya penuh dengan instruksi yang agak konyol yang menganggap batu tersebut seperti layaknya binatang piaraan, seperti misalnya perintah “berguling” yang biasanya membutuhkan bantuan dari pemiliknya, dan kemudian “melempar” yang lagi-lagi juga membutuhkan bantuan dari sang pemilik batu.

Karena idenya tersebut adalah sebuah batu yang dianggap sebagai sebuah ‘piaraan’, Gary mengemasnya sedemikian rupa dalam sebuah kotak berbentuk sangkar piaraan yang dapat ditenteng. Untuk batunya sendiri ia menggunakan batu pantai Rosarita yang dibelinya dari sebuah toko bangunan seharga satu penny. Semua itu, lengkap dengan buku panduannya dijual seharga $3.95.

Promosi pertamanya dilakukan pada bulan Agustus tahun tersebut dalam sebuah acara pameran hadiah di San Fransisco. Pet Rock sengaja dikenalkan pada pasar bingkisan hadiah karena Gary beranggapan bahwa pasar bingkisan hadiah lebih mudah dimasuki ketimbang pasar mainan karena sudah terlalu banyak mainan yang membanjiri pasar. Setelah itu, penjualan Pet Rock mulai melaju pesat. Gary bahkan membuat sebuah rilis yang memuat fotonya dikelilingi dengan kotak-kotak Pet Rock. Dalam jangka waktu dua bulan Gary telah berhasil menjual lebih dari 10.000 kotak Pet Rocks! Sebuah angka penjualan yang luar biasa dari produk yang sangat biasa. Enam bulan setelah Pet Rock diluncurkan, Gary Dahl telah berhasil mengumpulkan lebih dari $15 juta, cukup untuk membuatnya menjadi seorang milyuner.

Mengapa Pet Rock bisa begitu cepat meraih sukses? Gary berpendapat bahwa yang ia tekankan dari Pet Rock itu sendiri adalah bahwa memelihara Pet Rock akan membuat hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan. Gary berusaha menekankan hal tersebut pada konsumennya dan hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya bukan batu itu yang membuat hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan, melainkan ide atau konsep di balik batu itulah yang sebenarnya berperan. Jadi, sebuah piaraan yang berwujud sebuah batu tertanam dalam benak konsumen dan kemudian imajinasi dari konsumen itu sendiri yang berperan menciptakan perasaan menyenangkan tersebut.

Ide Gary tersebut sangat sederhana, efektif dan pintar. Seperti yang telah dibuktikannya pada Pet Rock, bahwa yang dibutuhkan sebenarnya hanyalah sebuah ide yang tepat, perencanaan yang terarah, kerja keras, serta konsep pemasaran yang kreatif dan unik.

Artikel ini diambil dari blog PengusahaKreatif.com dengan judul yang sama

Follow Twitter PengusahaKreatif.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan