Mohon tunggu...
MHENDRY FLUBIS
MHENDRY FLUBIS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis adalah melawan

Kata adalah senjata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Desa dan Keindahan-Nya

21 Maret 2022   11:06 Diperbarui: 21 Maret 2022   11:10 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Desa merupakan sebuah tempat yang memiliki peran penting terhadap bangsa ini, bukan itu saja desa mempunyai beribu keajaiban, keindahan, dan juga kemasyuran yang akan terus kita nikmati dari dulu hingga kini bahkan sebagian kekayaan negara terdapat pada apa yang dimiliki oleh desa. 

Pada tulisan kali ini saya akan berceita sedikit mengenai "desa dan juga keindahan-nya". berkat buku mas Iqbal Aji Daryono yang berjudul "Dilarang Mengutuk Hujan" saya mendapat banyak asupan mengenai kehidupan dan juga desa salah satunya, akibat-nya saya termotivasi untuk menulis dari apa yang sudah saya cerna dan dapatkan dari buku beliau.

Sambi Rejo adalah nama desa yang saat ini saya kunjungi. Desa ini memiliki enam belas dusun yang bisa dikatakan desa ini bisa dikategorikan desa yang cukup luas, bukan itu saja keindahan alam dan keharmonisan masyarakat desa sambi rejo membuat saya menikmati makna desa yang sesungguhnya, Masyarakat desa sambi rejo mayoritas mata pencaharian-nya adalah bertani hingga 80% masyarakat disini aktifitas nya melakukan kegiatan di sawah maupun perkebunan, Hal ini yang sungguh menarik dikarenakan desa dan petani adalah satu kesatuan hubungan yang memang sudah tak bisa dipisahkan,

Petani salah satu oknum atau orang yang berperan penting dalam meningkatkan kemajuan negara, menurut saya bukan itu saja bahwa petani juga adalah pahlawan yang sangat berjasa, kenapa sayang mengatakan seperti itu? 

Sumber pokok makanan negara kita adalah nasi, nasi berasal dari beras, dan beras berasal dari padi, padi salah satu tanaman yang ditanam oleh petani tanpa petani padi tidak ada dan juga nasi salah satu sumber pokok makanan kita. 

Sungguh luar biasa pengorbanan dan juga pekerjaan menjadi seorang petani, tak dipungkiri hingga Soekarno Hatta juga mengakui kehebatan para petani-petani Indonesia.

 Keharmonisan kehidupan masyarakat di desa pun menjadi acungan jempol, budaya yang masih kuat diterapkan, aturan-aturan tradisional dan kepatuhan masih dipakai oleh masyarakat desa, hingga menghasilkan ketentraman hidup dalam desa.

Belakangan ini banyak isu dan berita bahwasanya perlahan desa dirusak dan dirampas segala keindahan dan ketakjuban nya tadi. Sehingga masyarakat desa terasa terluka melihat bangsa sendiri menghancurkan hati para masyarakat desa. 

Pembangunan infrastruktur salah satunya dengan dalil meningkatkan kualitas desa adalah sebuah penipuan yang sedang terjadi antara pemerintahan dan masyarakat desa. 

Pada akhirnya desa tidak seharusnya dirusak dan dicemoti apa yang dimiliki oleh desa, menjaga desa sama seperti menjaga surga yang ada di dunia ini. Kaum pemuda harus bergerak dan tetap peduli atas perkembangan ataupun kemunduran yang di alami oleh Desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun