Mohon tunggu...
Mhd Arief Hasan
Mhd Arief Hasan Mohon Tunggu... Dosen Universitas Lancang Kuning

Dosen Universitas Lancang Kuning Pekanbaru - Riau

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengasah Kreatifitas Digital di SMK Negeri 8 Pekanbaru : Pelatihan MidJourney dalam Desain Karakter Game dan Aplikasi Kreatif

19 Februari 2025   23:12 Diperbarui: 19 Februari 2025   23:12 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1 : Suasana sana saat pelatihan penggunaan MidJourney

Pekanbaru, 11 Februari 2025 – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Pekanbaru, khususnya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), baru saja mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan teknologi terbaru dalam bidang desain karakter. Dalam acara yang bertema "Mengasah Kreativitas Digital: Membuat Karakter AI untuk Game dan Desain," para peserta diberikan pelatihan intensif mengenai penggunaan MidJourney, salah satu platform kecerdasan buatan (AI) terkemuka, untuk menciptakan karakter visual bagi game dan aplikasi kreatif.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning Dengan Tiga Orang Pemateri Dr. Fajrizal S.P, M.Kom, Dr Ahmad Zamsuri M.Kom, Mhd Arief Hasan M.Kom dimana mereka dosen tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning . Fajrizal menjelaskan kepada peserta bagaimana MidJourney bekerja, serta cara-cara kreatif menggunakan platform ini untuk menghasilkan desain karakter dengan kualitas tinggi hanya melalui instruksi teks.

Sebanyak 10 siswa SMK Negeri 8 Pekanbaru beserta seorang guru pendamping hadir untuk mengikuti pelatihan ini, yang dimulai pada pukul 9 pagi dan berlangsung hingga siang hari. Selama sesi pelatihan, peserta diperkenalkan dengan langkah-langkah teknis dan kreatif dalam menghasilkan gambar karakter yang sesuai dengan permintaan dalam konteks game dan aplikasi.

Pendapat Peserta Pelatihan:Salah seorang peserta, Rina (17 tahun), mengungkapkan, “Saya sangat terkesan dengan kemudahan dan kecepatan MidJourney dalam menghasilkan desain karakter. Ini membuka peluang baru bagi kami untuk mengembangkan kemampuan desain digital dengan cara yang lebih efisien dan kreatif.”

Peserta lainnya, Andi (18 tahun), juga menyatakan, “Saya sebelumnya tidak pernah membayangkan bahwa desain karakter bisa dibuat hanya dengan mengetikkan deskripsi. Ini sangat menarik dan membuat saya semakin ingin mendalami bidang desain game lebih dalam.”

Gambar 2 : Salah seorang siswa yang sedang asyik menuliskan prompt di Midjourney
Gambar 2 : Salah seorang siswa yang sedang asyik menuliskan prompt di Midjourney

Pendapat Guru Pendamping:Guru pendamping, Bapak Suhendro, menyampaikan, “Pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswa kami, karena mereka dapat belajar menggunakan teknologi terbaru yang sedang berkembang di dunia industri. MidJourney memberikan mereka kemampuan baru yang dapat langsung diterapkan dalam proyek-proyek mereka ke depan.”

Pendapat Pemateri:Menurut Ahmad Zamsuri, “Saya sangat senang bisa berbagi pengetahuan mengenai MidJourney dengan siswa-siswa SMK ini. Mereka menunjukkan kreativitas yang luar biasa dalam menggunakan teknologi ini. Dengan alat seperti MidJourney, para siswa tidak hanya belajar tentang desain, tetapi juga tentang bagaimana teknologi AI dapat mendukung proses kreatif mereka.”

Di akhir sesi, setiap peserta berhasil membuat karya desain karakter mereka sendiri, yang menunjukkan betapa efektifnya MidJourney dalam merangsang kreativitas dan meningkatkan kemampuan desain peserta. Selain itu, para peserta juga menerima sertifikat sebagai tanda pengakuan atas partisipasi mereka dalam pelatihan ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting dalam memperkenalkan teknologi AI kepada dunia pendidikan, terutama di bidang rekayasa perangkat lunak. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kemampuan untuk memanfaatkan AI dalam desain digital menjadi keterampilan yang sangat berharga, yang diharapkan dapat membuka peluang karir baru bagi para siswa SMK di masa depan.

Gambar 2 :Foro Bersama Peserta, Pemateri dan Guru Pendamping
Gambar 2 :Foro Bersama Peserta, Pemateri dan Guru Pendamping

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun