Media Pilihan

Mengenal Editing dan Editor

2 Oktober 2017   21:33 Diperbarui: 4 Oktober 2017   21:57 483 0 0

Editing yang saya tahu merupakan kegiatan menyunting atau memperbaiki sesuatu misalkan editing pada gambar adalah menyunting gambar agar gambar terlihat lebih menarik, sedangkan kegiatan editing dalam dunia Penerbitan adalah kegiatan menyunting naskah yang dikirim oleh penulis, agar kesalahan-kesalahan pada saat penulisan naskah dapat diperbaiki, sehingga naskah yang naik pada proses cetak nanti merupakan naskah yang sempurna. Kegiatan editing yang dilakukan disini antara lain memperbaiki kesalahan tanda baca, kesalahan ejaan maupun kesalahan kecil seperti penggunaan huruf kapital. Editing di penerbitan juga meliputi keaslian data dan fakta yang ada di naskah, dan tata letak atau layout gambar ilustrasi.

Berdasarkan materi perkuliahan yang saya dapat di semester 2 kegiatan editing berdasarkan sektor kerjanya dibagi menjadi 3 yaitu Mekanikal editing, Pictorial editing, dan Substansial editing. Mekanikal editing meliputi kegiatan memperbaiki naskah dari segi ejaan, gaya bahasa dan tanda baca. 

Disini biasanya mengacu pada house style atau gaya selingkung tiap penerbit. Selanjutnya ada Pictorial editing disini dilakukan penyuntingan pada bentuk visual naskah seperti tata letak ilustrasi gambar dan jenis font yang digunakan. Yang terakhir ada Substansial editing, pada buku fiksi biasanya tidak melewati tahap ini karena tahap ini bertugas memeriksa data dan fakta yang ada di naskah serta kebenaran informasi yang diberikan, yang melakukan kegiatan substansial editing ini biasanya adalah para editor yang sudah mahir atau memiliki jam terbang yang cukup lama di bidang editing.

Orang yang bekerja di bidang editing biasanya disebut Editor. Editor disini juga dibagi menjadi beberapa jenjang jabatan atau tingkatan dalam redaksi seperti jabatan teratas yaitu adalah editor in chief dimana yang menjabat di posisi ini adalah para editor senior yang telah memiliki jam terbang  yang sangat lama dan memang sangat ahli dibidangnya, dibawahnya terdapat editor eksekutif, editor senior, hingga copy editor. Biasanya para editor pemula akan merintis dari copy editor hingga seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jam terbang maka akan naik pula jabatan nya sebagai editor.



Muhammad Hasyim Azzubair

Oktober, 2017