Mohamad Hazairin
Mohamad Hazairin wiraswasta

Belajar dan Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sukses UNBK 2018 dengan ''Smartphone''

12 Januari 2018   15:54 Diperbarui: 12 Januari 2018   15:58 152 0 0
Sukses UNBK 2018 dengan ''Smartphone''
screenshot pribadi

Saat ini, para siswa tingkat akhir sudah mulai disibukkan dengan persiapan menjelang Ujian Nasional yang tinggal beberapa bulan lagi.  Ada dua pilihan pelaksanaan Ujian Nasional yaitu UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil) dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).  Di era digital ini, pemerintah sudah mulai mengurangi UNKP digantikan dengan UNBK.  Dengan segala keterbatasan, mau tidak mau semua pihak harus mempersiapkan demi suksesnya digitalisasi Ujian Nasional melalui UNBK.

Bagaimana dengan siswanya?  Seperti biasa, tentu siswa harus mulai mengasah dan melatih kembali materi yang telah lalu baik mandiri maupun dibimbing oleh guru.  Akan tetapi, dengan adanya UNBK tentunya perlu berlatih tambahan seperti berlatih soal ujian nasional dengan komputer.  Saat ini sudah banyak beredar buku siap UJian Nasional yang menyisipkan latihan seperti UNBK salah satunya buku terbitan Erlangga (eXpress UN 2018).

Smartphone oleh sebagian besar siswa bukan merupakan barang asing lagi, bahkan sebagian besar sudah memilikinya walaupun punya orang tuanya. Bagaimana kita cerdas menggunakan smartphone?  Smartphone bisa digunakan untuk belajar dan berlatih siap Ujian Nasional.  

Dengan mengikuti petunjuk di halaman belakang di buku Erlangga eXpress UN 2018, kita bisa mendownload aplikasi latihan mapel yang di UN kan.  Ada batas waktu (timer) dalam mengerjakan soal dan setelah selesai kita bisa mengetahui jawaban yang betulnya, kalau perlu pembahasan tinggal klik nomornya saja.  Enaknya menggunakan smartphone adalah kapanpun dan dimanapun bisa belajar baik sendiri maupun rame-rame.  A


Contoh aplikasinya seperti ini ya, selamat belajar berlatih semoga sukses. Aamiin