Mohon tunggu...
M Hadi Saputra
M Hadi Saputra Mohon Tunggu... Ilmuwan - Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Alumni Mahasiswa Linkage program Magister ITB dan Hiroshima University Alumni Mahasisiwa Kehutanan UGM Tertarik dengan IPTEK Kehutanan dan Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

5 Pengaruh Metaverse di Dunia kerja

24 Desember 2021   00:18 Diperbarui: 24 Desember 2021   14:15 2094 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Facebook Horizon Workrooms yang menyediakan ruang pertemuan virtual yang dapat digunakan sebagai sarana tatap muka secara online. Aplikasi ini dioperasikan melalui headset VR Oculus Quest 2 buatan Facebook.| Sumber: Facebook via Kompas.com

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat saat ini merubah segala cara hidup kita sehari-hari. Perubahan ini dapat berupa gaya hidup, pola berinteraksi maupun dalam bekerja. Segala bentuk sosialisasi yang dilakukan dalam dunia nyata akan segera bergeser di dunia "metaverse".

Metaverse merupakan gabungan kata Meta yang berarti beyond atau melewati saat ini. Serta verse yang berarti dunia atau versi saat ini. Dengan kata lain, metaverse merupakan dunia yang lebih maju dari saat ini. Dunia yang menawarkan bentuk sosialisasi baru yang tak terbatas. 

Munculnya dunia maya yang seakan realistis ini memengaruhi pola bekerja bagi orang-orang yang cenderung berinteraksi secara virtual. Saat ini, internet sangat memengaruhi pola kerja. Salah satunya penyampaian informasi penting dalam waktu singkat serta tanda tangan digital yang setara dengan cap basah. 

Perubahan dunia kerja juga berganti dari yang kerja dari kantor dengan jadwal tetap setiap hari menjadi dunia kerja fleksibel dan lebih cenderung tidak monoton. Hal ini yang menyebabkan munculnya pertimbangan mengubah kerja manusia yang monoton menjadi sistem kerja yang dilakukan oleh mesin. Sedangkan manusia diminta untuk membuat kreasi baru dengan inovasi yang sangat berbeda. 

Bagi para orangtua hal ini sangat mengancam cara hidup yang telah lama mereka arungi. Generasi baby boomer tak mengenal jauh mengenai metaverse ini. 

Begitu pula pada generasi 80an yang merasakan perubahan dunia paling cepat. Dari mulai flash disk besar ukuran megabite menjadi flashdisk mini dengan kapasitas terabite. Generasi ini membutuhkan adaptasi yang tinggi terhadap perubahan teknologi ini. 

Lalu bagaimana dunia baru ini memengaruhi dunia kerja saat ini? Berikut beberapa hal penting yang akan terpengaruh. 

1. Pola kerja

Selama ini pola kerja yang dilakukan tetap monoton dengan absensi yang dilakukan secara teratur. Contoh pegawai kantoran yang masuk pukul 7.30 dan pulang 4.00 sore hari. 

Hal ini akan berubah dengan dunia metaverse yang tidak terpaut pada waktu. Pola kerja yang ada hanya berasaskan hasil atau output yang dihasilkan. Tak peduli berapa lama kita bekerja atau pukul berapa kita mulai bekerja. Hasil adalah hal yang diinginkan di metaverse. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan