Mohon tunggu...
M GilangRamadhan
M GilangRamadhan Mohon Tunggu... penulis Novel, Pecandu Sastra, seorang Santri

Sebuah Platform bagi kaum Millenial dalam meraup gagasan dan bertukar informasi terkini terkait Pemuda, Ekonomi dan Politik. #PemudaagenperubahanBangsa Email:mgilangramadan20@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik

Esensi Pemuda dan Makna Politik Indonesia

7 April 2020   14:46 Diperbarui: 7 April 2020   16:02 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Esensi Pemuda dan Makna Politik Indonesia
ESENSI PEMUDA DAN MAKNA POLITIK INDONESIA (dokpri)

Jika kita membicarakan Dunia Perpolitikan di Indonesia tentu nya tidak sedikit di antara kita yang memandang hal tersebut sebagai Lembah Hitam, mengapa demikian?. Bagaimana tidak, jika kita amati secara bersama dan bahkan terjun langsung di dalam nya. Pasti kita akan menemukan banyak sekali skema yang begitu jauh dari sebuah Esensi Pancasila yang berlaku di Negeri ini. 

bagaimana seseorang yang menghalalkan segala cara demi memperebutkan Harta dan Jabatan, Bahkan ironisnya ini sudah dianggap hal yang lumrah. Karena masalah politik sudah menjadi rahasia umum, dimana para pemangku kekuasaan adalah orang-orang yang mementingkan kepentingannya di atas kepentingan rakyat.

bahkan pemberitaan di Media Masa Nasional yang mengangkat isu pelik nya berbagai macam kasus Politik pun seolah-olah menjadi asupan setiap hari bagi kita selaku rakyat Indonesia dan hal itu seperti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme(KKN) yang sampai saat ini kita belum mampu untuk menemukan titik terang dan juga mentuntaskan sampai ke akar nya. 

Kita tentu nya sangatlah menjungjung tinggi nilai sebuah Hukum yang di terapkan pada Negeri ini, aparat Negara yang senantiasa mendedikasikan hidup nya untuk mengabdi kepada Ibu Pertiwi. Namun apa jadi nya jika harus ada Oknum yang Buta dan Tuli akan sebuah kebijakan Hukum yang berlaku, padahal mereka pakar dalam bidang Hukum dan terdiri dari golongan Intelektual.

Sudah saat nya para pemuda saat ini mengambil peran dalam menjadi garda terdepan untuk perubahan Bangsa/Agent Of Change. Yaitu,dengan terjadi nya dorongan ke arah sebuah Inovasi dan juga manuver pergerakan yang yang bersifat Dinamis, termasuk ke arah Politik tersebut. 

Kita sebagai kaula muda tentu nya harus saling bersinergi dengan semua lapisan pihak, bersatu dan peduli demi menciptakan sebuah Nilai Politik yang baik. 

Karena perubahan nilai Politik yang baik itu ada di tangan kita selaku para Pemuda, arah suatu pemerintahan dan bangkit nya sebuah sistem di Negeri ini ada di benak kita.akan tetapi itu semua bukan berada pada para pemuda yang di lenakan oleh dunia yang fana, gemerlap nya Budaya luar dan juga pemuda yang rusak Moral nya.akan tetapi itu semua ada di pemuda yang senantiasa memegang erat Nilai Bhinneka Tunggal Ika, menjadikan Nilai agama sebagai pondasi kehidupan dan Intregitas terhadap Ibu Pertiwi.

Politik di Indonesia pun sudah sangat lama di pegang oleh orang-orang yang yang tak bertanggung jawab dan bahkan mereka tidaklah pantas untuk berada dalam posisi tersebut. 

Jika kita sebagai pemuda bisa mengambil alih fungsional ini dengan mengembalikan esensi nilai Politik yang sesungguh nya. maka sudah di pastikan poin tersebut akan mampu menciptakan kesejahteraan Masyarakat, maju nya Perekonomian Indonesia, berkembang nya pembangunan dan tentu nya Indonesia akan menjadi sebuah Negara yang maju dan Unggul. 

Maka dari itu sangatlah erat sekali kaitan nya antara Pemuda dan juga Politik. apakah kita rela bahwasanya Negeri ini beberapa tahun kedepan akan terus di pimpin oleh para penguasa yang rakus dan tak bermoral?.jawaban nya ada di hati kecil kita masing-masing, karena Pemuda hari ini, adalah pemimpin di masa depan.

Dari bacaan tersebut saya ada lima karakteristik pemimpin yang baik sebagai agent of change. Pertama, memiliki visi yang jernih. Sebagai seorang pemimpin kita itu harus memiliki target yang jelas sehingga sistem kerja dapat disusun dengan baik dan dengan tahapan yang berkesinambungan. Kedua, memiliki kegigihan untuk mencapai target.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN