Mohon tunggu...
M FurqonIskandar
M FurqonIskandar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN-T UPI 2021: Meningkatkan Literasi Sains Siswa di SMPN 1 Jatiwangi

27 September 2021   18:21 Diperbarui: 27 September 2021   18:27 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di era pandemi covid-19 ini pemerintah telah melaksanakan berbagai sistem guna mencegah penularan virus SARS-CoV-2.

Tak hanya berpengaruh terhadap aturan-aturan di tempat-tempat umum, virus covid-19 juga berpengaruh terhadap pembelajaran di sekolah maupun universitas.

Pada bulan Maret tahun 2020, hampir seluruh sekolah dan universitas melaksanakan pembelajaran secara daring. Ini membuat para siswa kesulitan mencapai target pembelajaran mata pelajaran. 

Tapi itu semua tak menutup kemungkinan kita bisa meningkatkan literasi sains para siswa di sekolah.

Untuk meningkatkan literasi sains siswa, saya melakukan sebuah Google Meeting bersama beberapa siswa kelas 8J SMPN 1 Jatiwangi. 

Dalam kegiatan tersebut, saya mengajak para siswa berpartisipasi untuk mengikuti kuis IPA dalam platform Quizziz dan memberikan berbagai macam e-book yang bersumber dari situs https://id1lib.org/.

Anak-anak sangat semangat berpartisipasi mengerjakan kuis IPA. Setelah kuis mereka selesaikan, saya pun memberikan penjelasan tentang jawaban untuk tiap-tiap soal yang berguna bagi PTS mereka nanti. Tak jarang anak-anak bertanya jika masih belum paham pada materi-materi tertentu.

Setelah kuis usai, saya memberikan beberapa e-book berbentuk pdf kepada anak-anak agar mereka tertarik untuk membaca buku sains. Buku-buku yang saya berikan bermacam-macam agar anak-anak dapat membaca tergantung apa yang mereka sukai, baik itu astronomi, biologi, matematika, dan lainnya.

Dengan metode ini, anak-anak dapat meningkatkan budaya literasinya dengan mudah dan lebih aktif lagi dalam belajar IPA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan