Mohon tunggu...
MEYTA ASWINDADEWI
MEYTA ASWINDADEWI Mohon Tunggu... Guru - TK DHARMA WANITA PERSATUAN GOMBANG

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Papan Roda Geometri Untuk Mengenalkan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun

3 Desember 2022   16:31 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:39 1706
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) selalu identik dengan adanya aktivitas pendidikan dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Usaha dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak selalu berdasarkan unsur bermain sambil belajar. Kegiatan bermain sambil belajar yang merupakan bentuk kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak yang kreatif dan menyenangkan sehingga tidak menimbulkan rasa takut pada anak. Dalam bermain sambil belajar, anak mendapatkan stimulasi agar bisa mengasah kemampuan yang dimilikinya.

Dalam kegiatan bermain anak juga belajar berbagai kemampuan dasar seperti: bahasa, kognitif, fisik motorik, seni, sosial emosional serta nilai agama dan moral. Salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan aspek kognitif adalah pembelajaran matematika dengan mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini. 

Bentuk geometri merupakan cabang matematika yang menghubungkan matematika dengan dunia fisik atau dunia nyata. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), indikator tingkat pencapaian perkembangan dalam pengenalan bentuk geometri untuk anak usia 4-5 tahun meliputi: menyebutkan bentuk geometri, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga, dan lainnya), membedakan bentuk geometri, membedakan ciri-ciri bentuk geometri.

Pengenalan bentuk geometri sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karena banyak terdapat benda-benda di sekitar yang mempunyai bentuk geometri. Menurut Roebijato (2014:35) pengetahuan geometri dapat mengembangkan pemahaman anak terhadap dunia sekitarnya. Anak akan lebih tertarik mempelajari geometri, apabila mereka terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri. Seperti kegiatan mengelompokkan serta menyebutkan bentuk-bentuk geometri dengan benda-benda di sekitar. 

Sudono (2000: 44) berpendapat bahwa agar sebuah tujuan pembelajaran dapat tercapai dan menciptaan sebuah proses kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna maka hendaklah seorang pendidik dapat menggunakan media secara tepat dan efektif agar anak tidak mudah bosan. 

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak dalam mengenalkan bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk-bentuk geometri. Tetapi dalam pembelajaran ini menggunakan media papan roda geometri. Media papan roda geometri ini bisa dibuat sendiri oleh guru, bahan dan alatnya murah dan mudah didapatkan. Alat yang digunakan untuk membuat media papan roda geometri adalah gunting, curter, jangkar, lem putih, pensil, lem tembak, tusuk sate, tutup bolpoin bekas dan penggaris. Bahannya adalah kardus bekas, kertas origami dan karton. Cara membuatnya yaitu :

         

  • Buat pola lingkaran besar sesuai keinginan lalu digunting sesuai pola
  • Bagi pola lingkaran menjadi 8 bagian
  • Gunting kertas origami sesuai pola lalu hias pada pola lingkaran
  • Beri titik pada tengah-tengah pola lingkaran lalu lubangi. Setelah dilubangi dimasukkan tutup bolpoin bekas lalu di lem dan hiasi tutup bolpoin bekas tersebut menggunakan pola lingkaran kecil yang sudah dilapisi kertas origami
  • Gunting bentuk-bentuk geometri lalu tempelkan pada pola lingkaran
  • Buat pola segitiga dan persegi panjang lalu susun menjadi satu untuk dibuat penyangga  roda geometri
  • Pasang roda geometri yang sudah dibuat di penyangga
  • Buat bentuk panah dan lem pada tusuk sate, lalu masukkan pada penyangga
  • Papan roda geometri sudah bisa dimainkan

Cara menggunakan :

  • Anak di ajak mengenal bentuk-bentuk geometri dan mengenal warna melalui media papan roda geometri
  • Anak memutar papan roda geometri lalu menyebutkan bentuk geometri yang didapatkan
  • Anak mencari stik geometri sesuai bentuk dan warna yang telah didapatkan lalu memasukkan stik geometri tersebut ke dalam wadah yang telah disediakan
  • Anak dapat mengulangi bermain papan roda geometri sampai 3-4 kali

Media yang baik akan menumbuhkan respon serta antusias anak dalam mengikuti proses pembelajaran. Pengembangkan media papan roda geometri diharapkan anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga kecerdasan visual spasial anak dapat berkembang sekaligus memperkenalkan media papan roda geometri pada anak. Keunggulan media papan roda geometri dapat membangkitkan semangat anak dalam mengikuti proses pembelajaran karena dapat memutar papan roda geometri serta dapat bermain mengelompokkan bentuk-bentuk geometri yang didapatkan. Bahan yang digunakan berwarna-warni dan tidak membahayakan. Manfaat papan roda geometri adalah dapat melatih ingatan dan kecepatan berpikir anak, karena anak berperan langsung dalam permainan tersebut sehingga anak harus menyelesaikan tugas yang ada pada permainan media papan roda geometri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun