Mohon tunggu...
Mey Adriesti
Mey Adriesti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Membaca Komik

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari

Green Kampus

13 September 2022   22:10 Diperbarui: 13 September 2022   22:11 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://green.radenintan.ac.id/

OPTIMALISASI PEMANFAATAN TANAMAN DAN RERUMPUTAN DI GREEN KAMPUS

Kampus hijau dapat di definiskan sebagai kampus yang mengintregasikan ilmu pengetahuan lingkungan dan kebijakan, salah satunya adalah adanya penataan dan infrastruktur kampus yang ramah lingkungan atau memperhatikan lingkungan, Adapun Pemanfaatan tanaman dan rerumputan di area sekitar bangunan kampus, bukan hanya sekedar sebagai hiasan saja,  Melainkan Rerumput dan tanaman dapat menjadi penyubur tanah yang efektif sehingga kita turut menjaga lingkungan dengan menanam rumput dan juga rumput dapat menutupi tanah dan mencegah pengikisan tanah oleh erosi, misalnya pada waktu hujan rumput dapat membantu menyerap air ke tanah. Apabila semua bangunan memiliki rumput di halamannya, maka kemungkinan banjir di sekitar dapat berkurang. Juga rumput asli dapat berfungsi sebagai spons, Rumput dapat dengan cepat menyerap air hujan. 

Dengan begitu, rumput dapat membantu menghemat air karena tidak perlu disiram secara manual saat musim hujan. Dengan begitu juga lingkungan yang ditumbuhin dengan rerumputan dan tanaman akan menciptakan suasa hijau dan segar di area sekitar kampus, sehingga area kampus yang ditumbuhin dengan tanaman dan rerumputan akan menambah kesan yang sejuk. 

Rerumputan juga menjadi salah satu dari terciptanya Green kampus karna tampa adanya rerumputan area kampus akan tampak gersang dan polos, sehingga area kampus tampak terlihat tidak menarik. rerumputan juga memberikan manfaat sebagai penstabilan iklim dan mengatasi polusi udara, begitu juga halnya dengan tanaman dapat menjadikan salah satu kantong onksigen yang dapat di manfaatkan oleh mahasiswa sebagai tempat untuk belajar atau sebagai tempat untuk melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat, Selain itu mahasiswa juga harus turut aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sehingga ekositem tanaman dapat terjaga.

Hal sekecil apapun yang tidak kita sadarin memberikan manfaat yang bagus untuk lingkungan maka dari itu kita harus menjaga lingkungan dan semua ekosistem yang ada di muka bumi ini sehingga kita dapat merasakan manfaatnya itu sendiri, dengan begitu kita dapat menyukseskan kegiatan Green kampus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan