Semarang -- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang (Unnes) memperkenalkan karya seni kolase flora kepada siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Kegiatan ini tidak hanya menghadirkan suasana belajar kreatif, tetapi juga mengaitkan seni budaya dengan materi IPAS kelas 4 bab 4 tentang pemanfaatan sumber daya alam.
Kolase yang diperkenalkan berupa sketsa pohon lengkap dengan akar, daun, dan buah apel yang dihias menggunakan biji-bijian seperti kacang hijau, kacang merah, beras, hingga biji semangka. Dengan karya ini, siswa diperlihatkan bahwa bahan sederhana dari alam bisa disulap menjadi karya seni yang indah sekaligus sarana belajar sains.
Salah satu mahasiswa PGSD menyampaikan bahwa pemilihan kolase flora bertujuan agar siswa lebih mudah memahami materi secara tematik. "Kolase flora ini kami kenalkan agar anak-anak belajar memanfaatkan hasil alam di sekitar, sekaligus menumbuhkan kreativitas melalui seni. Jadi, seni dan sains bisa dipelajari bersama dengan cara yang menyenangkan," ujar Meuthia Azzahra, salah satu Mahasiswa PGSD yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
Kepala Sekolah SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang, Indah Haryanti Nur Purnama, S.Psi, juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Kami menyambut baik pengenalan kolase flora ini. Anak-anak bisa memperoleh pengalaman baru yang kreatif, sementara bagi sekolah, kegiatan ini mendukung pembelajaran tematik yang menghubungkan seni, budaya, dan ilmu pengetahuan," jelasnya.
Kegiatan ini dilaksanakan pada 06 Oktober 2025 dan ditutup dengan sesi foto bersama antara Kepala Sekolah, Guru, Mahasiswa PGSD dan Siswa SD sebagai dokumentasi sekaligus bentuk kebersamaan. Diharapkan, kegiatan ini dapat menginspirasi pembelajaran yang lebih kreatif di sekolah dasar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI