Pengobatan alternatif adalah bagian dari dunia spiritual. Sebagian metode pengobatan alternatif sebagian besar sudah dikenal di masyarakat, mulai dari akupuntur, refleksi, herba, pijat dsb. Masyarakat sudah mengakui keberhasilan pengobatan dengan metode-metode tersebut. Sebelum dunia medis memasuki ranah pengobatan, pelaku alternatif sudah dikenal lebih dulu dari jaman leluhur-leluhur kita, mulai dari tabib, sin se, dukun bayi, dukun pijat, dukun tulang. Masih banyak cara pengobatan alternatif yang ada di sekitar kita baik yang dilakukan oleh secara terang-terangan atau yang belajar untuk dirinya sendri.
Pelaku alternatif semakin diakui keberadaannya oleh masyarakat apabila mempunyai kemampuan "linuwih" atau kemampuan spiritual dengan penggunaan indera keenam. Sehingga pengobatan alternatif selalu dikaitkan dengan klenik. Bagaimanakah sebenarnya kaitannya antara Dunia spiritual dan pengobatan alternatif? Bagaimana tanggapan dengan istilah pengobatan alternatif adalah dunia klenik, dunia tanpa penelitian, dunia tanpa logika, pengobatan yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.
Dahulu nenek moyang kita menggunakan ilmu "titen", atau ilmu yang dikembangkan dari membaca pertanda sebab akibat yang terjadi sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Misalnya, setelah langit mendung biasanya terjadi hujan, setelah minum kunyit asam perempuan yang sedang datang bulan merasa lebih nyaman. Badan pegel setelah dipijat akan terasa lemes, ngantuk dan setelah tertidur badan terasa lebih segar.
Selanjutnya saya akan membahas keilmuan Jawa, dimana keilmuan ini sangat erat kaitannya dengan dunia pengobatan alternatif. Proses awal belajar ilmu Jawa biasanya dimulai dengan puasa. Manusia dianugrahi raga, pikiran dan perasaan. Raga manusia diolah dengan melakukan olah raga dengan indikasi keberhasilan adalah badan yang sehat. Pikiran manusia atau biasa disebut akal yang ada di bagian otak diolah dengan pembelajaran sekolah formal, dengan indikator keberhasilan adalah kecerdasan dengan bukti nilai-nilai dalam ijazah. Sedangkan perasaan atau roso yang berada di hati manusia diolah dengan menggunakan proses spiritual. Banyak yang sudah sering dilakukan oleh manusia untuk mengolah rasanya yaitu dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. Puasa hanyalah salah satu alat untuk mengolah "rasa" atau qalbu yang bersemayam di hati manusia. Diharapkan dengan puasa dan laku spiritual dapat meningkatkan kejernihan hati nurani, menjadi manusia yang berkualitas lahir dan bathin.
Efek dari puasa atau laku spiritual dalam pengobatan alternatif adalah untuk meningkatkan tingkat kepekaan dan perasaan. Dengan qalbu yang jernih, akan meningkatkan kemampuan mata hati. Penggunaan kemampuan kepekaan ini pun bermacam-macam. Misalnya bagi terapis pijat refleksi dan akupuntur diperlukan kemampun untuk melihat secara tepat dimana posisi syaraf-syaraf yang mengalami gangguan. Semakin tinggi tingkat kepekaan seseorang maka akan semakin tinggi kemampuannya dalam melihat kelainan posisi dan hambatan peredaran darah pada pembuluh darah kapiler. Jadi untuk penyakit migren dan vertigo bisa diterapi oleh ahli terapis refleksi yang matang secara spiritual dapat sembuh walaupun hanya sekali atau dua kali terapi saja. Hal ini disebabkan posisi pembuluh dareh kapiler cenderung ada di lapisan ketiga atau berada di dekat tulang. Di sinilah tingkat kepekaan seseorang harus diasah dengan laku spiritual, salah satunya adalah laku puasa.
Tanpa proses laku spiritual pengobatan alternatif tetap bisa dipelajari secara mudah dengan menggunakan logika dasar. Tetapi untuk sampai pada tataran ahli alternatif yang dapat melakukan pengobatan secara menyeluruh tetap dianjurkan untuk melandasinya dengan olah bathin. Hal ini diperlukan mengingat penyakit bukan hanya masalah raga atau fisik saja, tetapi bisa juga akibat dari pola pikir dan psikis yang bisa berakibat langsung pada kondisi fisik. Maka kemampuan kepekaan mata hati sangat diperlukan untuk melakukan diagnosa secara menyeluruh mengenai sebab-sebab terjadinya penyakit kepada para penderita.Hingga pada akhirnya bisa mnemukan methode yang pas yang dapat diterapkan kepada pasien.