Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pilih Mana Donasi Online atau Manual?

6 Mei 2021   21:48 Diperbarui: 6 Mei 2021   22:01 356 24 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilih Mana Donasi Online atau Manual?
Ilustrasi: cermati.com

Berdonasi atau bersedekah merupakan salah satu bentuk dari syukur atas rezeki dan nikmat yang diberikan Tuhan. Dengan berdonasi, kita dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang membutuhkan.

Kegiatan berdonasi juga dapat memberikan efek bahagia pada pemberi bantuan. Ketika yang dilakukan bisa bermanfaat bagi orang lain, berdonasi atau bersedekah sebenarnya merupakan kebutuhan bathiniah seseorang.

Biasanya, kegiatan donasi kerap dilakukan di panti-panti asuhan, sekitar jalan-jalan raya atau di tempat keramaian dimana ada pengemis atau orang kurang mampu biasa berkumpul. Atau juga biasanya, di perempatan jalan, ada sekelompok orang yang melakukan kegiatan penggalangan dana atas kejadian tertentu, seperti: bencana alam, kecelakaan, atau bantuan kemanusiaan lainnya.

Namun tidak jarang, kegiatan tersebut disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan lain, sehingga membuat para calon donatur merasa ragu untuk menyumbang. Sebab, acap kali ada kejadian, yakni adanya para penggalang dana yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, dana yang sudah terkumpul tidak dapat tersalurkan sebagaimana mestinya.

Namun belakangan ini di era digital telah muncul kemudahan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk menerima dan menyalurkan donasi secara online. Donasi online akan memudahkan siapa saja untuk berdonasi maupun melakukan penggalangan dana. 

Donasi online yang ada sangat beragam, baik dalam bentuk aplikasi, maupun yang dikelola oleh pihak swasta seperti stasiun televisi dan juga pihak perbankan. 

Namun bukan tidak mungkin juga ada donasi online yang bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, tapi sepertinya tidak sulit kok memilih platform donasi online yang resmi. Dimana dengan berdonasi secara online ini selain memberi kemudahan juga dapat dijamin keamanan dan keefektifan penyalurannya.

Berikut beberapa kelebihan dari berdonasi secara online:

- Lebih Praktis
Kegiatan berdonasi secara online melalui aplikasi dapat dilakukan hanya melalui ponsel pintar. Kita punya berbagai pilihan metode, seperti transfer bank, mobile banking, kartu kredit, atau melalui dompet virtual Anda.

- Lebih Aman
Berdonasi melalui aplikasi donasi online yang memiliki izin resmi, pasti terjamin keamanannya. Karena baik pengumpul dan penerima telah terverifikasi, sehingga dapat dipastikan bahwa dana tersebut benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

- Lebih Rahasia
Selain karena alasan kepraktisannya, banyak orang yang merasa lebih nyaman melakukan donasi secara online karena alasan kerahasiaannya. Kita dapat memberikan donasi tanpa dilihat dan diketahui oleh orang lain pada saat berdonasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN