Mohon tunggu...
Methilda Lorency
Methilda Lorency Mohon Tunggu... Foto/Videografer - RANDOM

JADIKAN PEKERJAAN SEBAGAI HOBI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Budaya Komunikasi Modern di Tempat Kerja

26 Mei 2022   17:17 Diperbarui: 26 Mei 2022   17:33 82 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahu kah kamu tanpa disadari berkembangan komunikasi semakin maju baik itu antarbudaya dan etnis. Hal ini tidak diherankan lagi, sebab kehidupan yang kita jalani adalah sosial adanya selalu bertemu dengan orang baru. Di Era Modern saat ini begitu banyak perubahan dengan cepat mulai dari Lifestyle, cara seseorang melakukan pekerjaan, dan bentuk komunikasi antar budaya. Jadi penting kita ketahui bahwa membudayakan komunikasi dengan benar sesuai dengan waktu dan tempat kita berada adalah hal yang wajib dilakukan sebab dengan cara tersebut kita akan dipandang baik dan sopan.

Dengan berkembangnya zaman budaya komunikasi modern penting untuk diterapkan. Mengapa demikian? Sebab akan menjadi kebiasaan dalam pola perilaku untuk setiap individu melakukan aktivitas, dengan hal ini akan mampu menyaingi budaya tetangga. Indonesia yang terkenal dengan sistem budaya kerja gotong royong atau biasa dikatakan kerja sama tim, dengan menggunakan sistem gotong royong akan membuat pekerjaan jauh lebih cepat selesai, gotong royong dapat menumbuhkan rasa empati antar rekan dan memberikan dampak positif terhadap mood setiap individu. Jika indonesia membudayakan kerja dengan gotong royong berbeda dengan salah satu negara ini yaitu Korea yang menjadi salah satu negara maju di Asia tenggara terkenal dengan sistem kerja cepat, tuntas, dan hasil terbaik. Sejak kecil mereka dibiasakan untuk melakukan berbagai hal dengan ritme yang singkat namun tidak dengan gotong royong.

Budaya komunikasi adalah aspek terpenting yang ada pada diri sendiri, jadi penting untuk selalu bersikap sopan santun dan amah tamah. Dengan berkembangnya Era Modern begitu banyak budaya komunikasi yang masuk dari luar dan ikut bercampur dengan budaya lokal. Hal yang perlu untuk kita tingkatkan agar mampu bersaing adanya perkembangan zaman adalah ;

  1. Jadilah pendengar yang baik.
  2. Ketahui posisi dan keadaan dengan siapa kamu berbicara.
  3. Saat melakukan komunikasi, tunjukkan bahasa tubuh yang baik.
  4. Berbicara dengan topik pembicaraan
  5. Meminta masukan dan saran

Komunikasi Asertif adalah salah satu komunikasi yang dipakai di zaman modern karena dianggap sebagai gaya komunikasi yang mampu menyampaikan garapan, pemikiran, keinginan dan emosinya secara nyaman tanpa mengabaikan perasaan orang lain. Contohnya mereka sadar akan kebutuhan dirinya dan orang lain sehingga cenderung mampu menjaga hubungan jangka panjang sekalipun, mereka bisa dengan senang hati membantu orang lain, tetapi juga tahu waktu yang tepat untuk menolaknya. Mereka cenderung melindungi kedua belah pihak sehingga bisa menyeimbangkan antara hak dirinya dan hak orang lain.

Dalam dunia kerja tidak lepas dari yang namanya konflik. Apa konflik komunikasi budaya pada era modern dan bagaimana cara menyelesaikan konflik tersebut? Berikut penjelasannya;

Konflik Gaya Bekerja

Beberapa orang lebih suka bekerja dalam kelompok sementara yang lain melakukan pekerjaan terbaik mereka sendirian. Ada orang yang tidak memerlukan arahan ekstra untuk menyelesaikan tugas, sementara beberapa orang lain menyukai masukan dan arahan eksternal setiap langkahnya. Perbedaan budaya kerja terkadang membuat individu tidak dapat memulai pekerjaan dan membuat keharmonisan dalam tim terganggu. Ada yang sudah terbawa-bawa dari perusahaan sebelumnya dan ada yang membudayakan kerja sendiri tanpa melibatkan orang lain. Oleh karena itu miskomunikasi akhirnya tidak dapat dihindari. 

Cara Penyelesaian

Pada dasarnya budaya kerja mempunyai kelebihan dan kekurangan. Memahami dan menghormati budaya kerja setiap anggota tim penting dalam membentuk kerja tim yang sukses. Setiap anggota tim harus saling terbuka, bahkan memahami dan berkompromi bagaimana cara kerjasama dengan gaya bekerja yang berbeda.

Penjelasan diatas dikemenyampaikan bahwa komunikasi adalah aspek terpenting dalam melakukan interaksi satu sama lain, tanpa adanya komunikasi aktifitas apapun akan sulit untuk dikerjakan, apalagi dalam kerja tim. Jadi perlu untuk setiap individu meningkatkan budaya komunikasi modern agar tidak ketinggalan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan