Mohon tunggu...
Mesa Indra Naiborhu
Mesa Indra Naiborhu Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Hukum, Management, dan Keuangan

Meminati bidang hukum, management, dan keuangan yang dapat dipergunakan untuk berbagi pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tuhan yang Berkuasa atau Berkuasanya Tuhan?

25 Juli 2021   13:47 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:17 112 25 2 Mohon Tunggu...

Wabah Covid-19 telah mengubah banyak hal di dalam kehidupan sehari-hari umat manusia, tidak perduli di negara mana, di daerah mana, model kehidupan masyarakatnya seperti apa, dan beragama atau tidak beragama sekalipun, tidak luput dari serbuan wabah ini.

Menurut "berita-berita" yang banyak beredar di media massa, tentunya yang berasal dari sumber yang valid, seperti dari dokter, institusi-institusi kesehatan, dan lain sebagainya mengatakan bahwa penyebab Covid-19 adalah virus.  Informasi yang dikutip dari https://www.alodokter.com/covid-19 menjelaskan bahwa Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh "virus" severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). 

Penyebutan Covid-19 berasal dari : "Coronavirus Disease 2019".  Jenis virusnya adalah "Coronavirus" yang mematikan (= "disease") dan diketahui mulai mewabah pada tahun 2019.  Sehingga jadilah dinamakan Covid-19.  Mungkin kalau mewabahnya pada tahun 2020, akan dinamakan Covid-20.

GitHub.com merupakan suatu situs internet yang merupakan anak perusahaan (subsidiary) dari Microsoft.com sejak tahun 2018.  Dengan nama besarnya "Microsoft" serta jenis usahanya adalah di bidang pengembangan microsoft dan internet, maka tidak ada salahnya mengutip beberapa data.  GitHub.com bekerjasama dengan Johns Hopkins University dalam mengelola informasi dan data-data mengenai wabah Covid-19.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs GitHub.com, bahwa di Indonesia, hingga pada tanggal 23 Juli 2021 kasus baru yang terjangkit virus Covid-19 adalah sebanyak 43.087 jiwa, sehingga total masyarakat Indonesia yang terinfeksi secara akumulasi, dari awal wabah hingga tanggal 23 Juli 2021 adalah sebanyak 3,08 juta jiwa, dengan jumlah yang sembuh sebanyak 2,43 juta jiwa, serta jumlah yang meninggal sebanyak 80.598 jiwa.

Dapat dilihat kondisi sebaran Covid-19 di 24 negara dengan data yang dikompilasi dari Johns Hopkins melalui https://news.google.com/covid19/map?hl=id&mid=%2Fm%2F03ryn&gl=ID&ceid=ID%3Aid, dengan updating data per tanggal 22 Juli 2021.  Catatan : Tidak dicantumkan akumulasi yang sembuh.

Kembali kepada virus, dapat dibaca juga pada situs : https://www.gramedia.com/literasi/virus/ mengenai apakah yang dimaksud dengan virus. 

Virus adalah bagian dari microorganism karena merupakan "mahluk hidup" dengan ukuran yang hanya beberapa mikro atau mungkin lebih kecil dari itu.

Kata kuncinya adalah mahluk hidup

Mahluk hidup tidak hanya yang dapat dilihat secara visual dengan mata telanjang, dan dari zaman sebelum ditemukannya mikroskop sudah ada mahluk yang ukurannya sangat mini tersebut, sehingga tidak pernah diketahui pada waktu dulu.  Dengan ilmu kedokteranlah secara perlahan-lahan mulai diduga ada mahluk sangat mini tersebut serta dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan penggunaan mikroskop untuk mempelajari lebih lanjut.

Pertanyaannya, apakah semua orang memahami bahwa virus itu adalah mahluk hidup ?  Mungkin ada yang tidak memahaminya, tetapi kemungkinan besar lebih banyak orang yang memahaminya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x