Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Petualangan Kuliner di Sumatera Barat: Menemukan Keunikan Rasa di Ranah Minangkabau

11 Juni 2024   20:12 Diperbarui: 11 Juni 2024   20:41 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Sumatera Barat, ranah Minangkabau, terkenal dengan kekayaan kulinernya yang beragam dan menggugah selera. Meskipun banyak Rumah Makan Padang tersebar di seluruh Indonesia, beberapa hidangan khas Minangkabau yang otentik dan unik hanya bisa ditemukan di kampung halamannya.

Mari ikuti perjalanan kuliner saya, mengunjungi lima tempat istimewa di Sumatera Barat, di mana cita rasa dan keunikan setiap hidangan akan membawa Anda ke dalam pesona kuliner Minangkabau yang sesungguhnya.

1. Gulai Cipuk di Arisun Payakumbuh

Perjalanan kita dimulai di Nagari VII Koto, Payakumbuh, dengan menikmati Gulai Cipuk. Di sebuah rumah makan sederhana bernama Arisun Payakumbuh, Anda akan disuguhi hidangan yang terbuat dari cipuk, atau siput sawah, yang dimasak dalam kuah gulai kental kaya rempah.

Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Makan cipuk memerlukan keterampilan khusus, karena dagingnya yang kecil harus diisap keluar dari cangkangnya.

Bayangkan duduk di sebuah rumah makan dengan aroma rempah yang menyengat, Anda mengambil sepotong cipuk, menyedot daging kecilnya yang lezat, dan merasakan ledakan rasa dari kuah gulai yang kental, pedas, dan gurih.


Sensasi unik dan tekstur lembut dari daging cipuk berpadu dengan rasa kuat dari kuah gulai, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Di samping gulai cipuk, Anda juga dapat menikmati pangek ikan khas Payakumbuh yang tidak kalah menggoda.

2. Gubuak Rancak di Sungai Tarab, Tanah Datar

Selanjutnya, kita menuju Sungai Tarab di Tanah Datar, ke sebuah warung makan yang dikenal dengan nama Gubuak Rancak. Terletak di antara sawah-sawah di pinggir jalan lintas, warung ini menyajikan hidangan khas seperti Gulai Itiak dan Palai.

Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Suasana makan di sini sangat tradisional; Anda bisa duduk bersila di lantai, seolah kembali ke masa lalu, menikmati hidangan dalam suasana yang hangat dan ramah.

Gulai itiak, atau gulai itik, dimasak dengan bumbu khas Minangkabau yang pedas dan gurih. Daging itiknya yang empuk dan penuh rasa berpadu sempurna dengan kuah gulai yang kaya akan rempah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun