Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Emisi Melalui Inovasi Ramah Lingkungan

9 November 2023   06:47 Diperbarui: 9 November 2023   06:58 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
File Merza Gamal, sumber:  International Monetary Fund (IMF) 

Inovasi ramah lingkungan telah menjadi pusat perhatian global dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dalam artikel sederhana ini, kita akan membahas bagaimana inovasi ini tidak hanya membantu melindungi lingkungan, tetapi juga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Peran Inovasi Ramah Lingkungan

Inovasi ramah lingkungan mencakup pengembangan teknologi, produk, dan praktik yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan emisi karbon. Contoh inovasi ini termasuk mobil listrik, energi terbarukan, dan efisiensi energi dalam bangunan.

Namun, momentum inovasi ramah lingkungan telah melambat belakangan ini, dan teknologi yang menjanjikan belum menyebar cukup luas ke negara-negara berpendapatan rendah.

Penting untuk memahami bahwa inovasi ramah lingkungan bukan hanya tentang perlindungan lingkungan, tetapi juga tentang mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Penelitian dari International Monetary Fund (IMF) menunjukkan bahwa menggandakan pengajuan paten ramah lingkungan dapat meningkatkan produk domestik bruto sebesar 1,7 persen setelah lima tahun, bahkan hingga empat kali lipat dalam perkiraan lain.

Dampak Positif Inovasi Ramah Lingkungan

Inovasi ramah lingkungan dapat membawa sejumlah dampak positif pada perekonomian dan upaya pengurangan emisi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Penciptaan Lapangan Kerja: Pengembangan teknologi ramah lingkungan menciptakan lapangan kerja baru dalam sektor-sektor terkait, seperti industri energi terbarukan dan transportasi berkelanjutan.
  2. Pertumbuhan Sektoral Baru: Inovasi sering kali mengarah pada pertumbuhan sektor baru dalam ekonomi, seperti energi terbarukan dan teknologi berkelanjutan, menciptakan peluang investasi dan pengembangan.
  3. Efisiensi Energi: Inovasi meningkatkan efisiensi energi di berbagai sektor, mengurangi emisi dan biaya operasional.
  4. Mendorong Investasi: Fokus pada teknologi rendah karbon mendatangkan investor yang mendukung perusahaan dan proyek berorientasi lingkungan.
  5. Peningkatan Daya Saing Global: Negara-negara yang menjadi pemimpin dalam inovasi ramah lingkungan dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun