Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Ujicoba Mata Uang Digital Cenbank Menghadapi Turunnya Nilai Yuan

29 September 2022   22:33 Diperbarui: 30 September 2022   04:03 262 29 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Bank-bank besar milik negara bersiap menjual dolar untuk unit lokal di pasar luar negeri  (Photo: Reuters/Dado Ruvic)

Pada hari Senin 26 September 2022 yang lalu, Yuan China menyelesaikan sesi perdagangan domestik di level terendah dalam 28 bulan terakhir atau sejak 28 Mei 2020. (Reuters, 26 September 2022)

Dalam rangka upaya menghadapi pelemahan Yuan tersebut, menurut Reuters, 29 September 2022, Bank Sentral China telah meminta bank-bank besar milik negara bersiap menjual dolar untuk unit lokal di pasar luar negeri dalam meningkatkan upaya membendung penurunan yuan.

Bank-bank negara yang berbasis di luar negeri China seperti di Hong Kong, New York dan London juga diminta untuk meninjau kepemilikan mereka atas yuan luar negeri dan memastikan cadangan dolar AS siap untuk digunakan.

Penjualan dolar secara simultan dan pembelian yuan dapat menempatkan dasar di bawah mata uang China, yang telah kehilangan lebih dari 11% terhadap dolar sepanjang tahun 2022 dan tampaknya akan mengalami kerugian tahunan terbesar sejak 1994. Skala putaran penjualan dolar ini untuk mempertahankan yuan yang melemah akan agak besar.

Depresiasi yuan telah bertahap dan sejalan dengan penurunan mata uang utama terhadap dolar didukung oleh pengetatan moneter Federal Reserve yang agresif.  Penurunan Yuan ke sisi yang lebih lemah dari 7 per dolar telah meningkatkan kekhawatiran tentang sentimen domestik dan potensi arus keluar modal.

Sumber Reuters mengatakan bahwa rencana intervensi terutama menggunakan cadangan dolar pemberi pinjaman negara. Tetapi jumlah total penjualan dolar belum ditentukan karena pergerakan yuan sebagian besar bergantung pada pergerakan dolar dan lintasan pengetatan Fed, kata sumber itu.

Image:  Rencana intervensi Yuan terutama menggunakan cadangan Dolar pemberi pinjaman negaracaption (Photo: Reuters/Florence Lo)
Image:  Rencana intervensi Yuan terutama menggunakan cadangan Dolar pemberi pinjaman negaracaption (Photo: Reuters/Florence Lo)

Awal pekan ini seiring dengan jatuhnya mata uang Yuan, otoritas moneter China mengatakan kepada bank-bank lokal untuk menghidupkan kembali alat penetapan yuan yang ditinggalkannya dua tahun lalu karena mereka berusaha untuk mengarahkan dan mempertahankan mata uang yang melemah.

Selain itu, China juga menguji coba penyelesaian lintas batas yang melibatkan mata uang digital cenbank dengan bank-bank milik negara China berpartisipasi bersama Bank for International Settlements (BIS).  Lebih dari 160 pembayaran lintas batas dan transaksi valuta asing dengan total lebih dari $22 juta dilakukan selama percobaan pertama yang melibatkan empat mata uang bank sentral dan transaksi nilai riil.

Image: Ujicoba Mata Uang Digital Cenbank Menghadapi Turunnya Nilai Yuan China (Photo: https://www.asiafinancial.com/)
Image: Ujicoba Mata Uang Digital Cenbank Menghadapi Turunnya Nilai Yuan China (Photo: https://www.asiafinancial.com/)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan