Mohon tunggu...
Meryna Suwito
Meryna Suwito Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa S2 Prodi Teknik Industri

Saya adalah mahasiswa S2 jurusan Teknik Industri sebuah PTS dan saat ini sedang mulai belajar membuat artikel untuk meningkatkan skill dan menambah pembeharaan kosakata.

Selanjutnya

Tutup

Games

Untung ada STEAM

27 Juli 2022   12:00 Diperbarui: 27 Juli 2022   12:03 92 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sebagai anak gamer sejati, siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi STEAM ? Aplikasi berlangganan yang menyediakan berbagai jenis game PC.. Yuk kita tahu tentang aplikasi ini, aplikasi  yang terkadang membuat kantong jebol karena acara "sale" yang seringkali diadakan..

Dikutip dari Wikipedia, "STEAM" adalah Steam adalah layanan distribusi digital permainan video oleh Valve. Ini diluncurkan sebagai klien perangkat lunak mandiri pada September 2003 sebagai cara bagi Valve untuk memberikan pembaruan otomatis untuk permainan mereka, dan diperluas untuk memasukkan permainan dari penerbit pihak ketiga. Steam juga telah berkembang menjadi etalase online berbasis web dan seluler digital. Steam menawarkan digital rights management (DRM), server pembuat pertandingan, streaming video, dan layanan jejaring sosial. Ini juga menyediakan pengguna dengan instalasi dan pembaruan permainan secara otomatis, dan fitur komunitas seperti daftar teman dan grup, penyimpanan awan, dan fungsi obrolan suara dan dalam permainan. 

Masih menurut Wikipedia, "Platform Steam adalah platform distribusi digital terbesar untuk PC gaming, menampung sekitar 75% ruang pasar pada tahun 2013. Pada 2017, pengguna yang membeli permainan melalui Steam berjumlah sekitar US$4,3 miliar, mewakili setidaknya 18% dari penjualan permainan PC global. Layanan ini memiliki lebih dari 34.000 permainan pada tahun 2019, dengan lebih dari 95 juta pengguna aktif bulanan. Keberhasilan Steam telah menyebabkan pengembangan produk microconsole Steam Machine, yang meliputi sistem operasi SteamOS dan Steam Controller"

Dari pembahasan Wikipedia, kita tahu bahwa STEAM menjadi aplikasi favorit bagi gamer PC untuk mendapatkan game impiannya, support berupa game keluaran terbaru dan harga yang terjangkau, apalagi ketika "SALE" membuat STEAM mampu meraup pundi-pundi kekayaan.  STEAM menjadi favorit karena koleksi game-nya yang lengkap dari berbagai genre, tidak hanya menyediakan game berbayar. STEAM juga memiliki free game yang bisa kapan saja dimainkan. 

STEAM juga menjadi penggerak untuk menikmati game anti bajakan. Yang artinya STEAM mengajak masyarakat luas untuk menikmati game dengan cara menghormati dan menghargai karya dari para delevoper game.

STEAM menampilkan banyak fitur atau menu yang membuat pelanggannya mudah dalam menggunakan dan bertransaksi. Store (menu untuk memilih game yang akan kita beli), Library (perpustakaan kita yang menyimpan game-game yang sudah terbeli), Community (komunitas untuk membahas game) dan masih ada lagi fitur-fitur lainnya.

Mudah, murah, original, itu sebabnya saya menjadi pelanggan setia aplikasi STEAM. Ada beberapa game yang telah saya beli di moment "sale" karena harganya memang sangat murah. Tapi saking murahnya sampai kalap mau beli semua game.. tapi apa daya, dananya terbatas. Bagi saya "STEAM" memberikan jalan keluar untuk memiliki game terbaru tapi terbatas dengan budget, saya yang hanya memiliki laptop tapi ingin bermain game terbaru, sedangkan untuk memiliki sebuah konsol game seperti PS4 atau PS5 membutuhkan dana yang tidak sedikit, yach karena harganya mahal, begitu pula dengan CD ori game-nya... jadi jalan keluarnya adalah "STEAM", terinstal di laptop, bermain dan bekerja sekaligus..

STEAM sepertinya akan terus berinovasi untuk menghadirkan game-game terbaru dan menyajikannya dengan kualitas terbaik. Jadi saya yakin inovasi yang dilakukan akan menumbuhkan jumlah pelanggan lebih banyak lagi dari tahun ke tahun. Enjoy your steam with STEAM app.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan