Mohon tunggu...
Merry Nuraini Aziz
Merry Nuraini Aziz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fakultas dakwah dan ilmu komunikasi, jurusan komunikasi penyiaran islam, uin raden intan Lampung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Dakwah Melalui Media Instagram

21 September 2022   20:38 Diperbarui: 21 September 2022   20:51 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan segala aspek kehidupan berkiblat padanya. Begitupula dengan kegiatan dakwah. Dakwah yang sebelumnya dilakukan dengan mengisi ceramah di mushola, khutbah jum'at, kini dakwah dapat dilakukan pada media sosial. bentuk dari media sosial sendiri juga bermacam-macam salah satunya yakni Instagram. Tulisan ini akan mengkaji berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai perkembangan dakwah dari waktu kewaktu dan perkembangannya melalui media sosial khususnya Instagram.

Dengan adanya ilmu dakwah, aktivitas dakwah yang semula hanya mengandalkan kemampuan pendakwah menjadi lebih mudah untuk dipelajari, sehingga perkembangan dakwah dapat sangat cepat untuk mengimbangi perkembangan zaman yang sangat pesat.Dalam ilmu dakwah terdapat beberapa hal yang menjadi kunci dari aktivitas dakwah, hal tersebut dikenal dengan unsur-unsur dakwah, unsur-unsur tersebut merupakan sebuahkesatuan yang harus ada demi suksesnya aktivitas dakwah.

Karena Instagram mempunyai fitur untuk digunakan membagikan pesan dalambentuk foto atau video jadi pendakwah bisa menggunakan instagram sebagai bentuk mengikuti perkembangan zaman, Karena mayoritas pengguna media social instagram di pake oleh anak remaja jadi dakwah yang disampaikan pendakwah bisa saja dilihat di berandaoengguna instagram ketika ia sudah mengikuti akun pendakwah tersebut.masa sekarang ini masa dimana kebanyakan kegiatan dilakukan dirumah tentu peselancar dunia maya semakin kencang atau bisa dikatakan sering digunakan khususnyamedia social instagram karena bisa menampilkan visual maupun audio,visual. Sehingga bisa menjadi salah satu sarana untuk da'I dalam menyampaikan dakwahnya di media social instagram.System penggunaan di media social instagram ini adalah mengikuti pengguna akun lainnya atau memilih akun yang akan diikuti, disanalah akan adanya komunikasi antara pengguna dalam hal ini da'I dan mad'u. komunikasi dapat dilakukan di fitur yang namanya komentar sehingga bisa menjadikan fitur tersebut sebagai alat pertukaran informasi antara pengikut dan pengikut atau pengikut dan pembagi pesan.

Aplikasi instagram menjadi aplikasi yang sangat familiaran dan populer dikalangan masyarakat indonesia. banyak anak muda menggunakan instagram hanya untuk mengupload foto, video, dirinya dan kegiatannya saja padahal kita bisa memanfaatkan instagram untuk menjadi sarana dalam berdakwah agar menjadi ladang atau wadah untuk mencari pahala. menggunakan instagram sebagai media dakwah berarti upaya untuk menyalurkan pesan dakwah kepada mad'u atau para pengguna instagram. Berdakwah sekarang banyak sekali melalui media salah satunya instagram, para da'i sekarang banyak sekali menyampaikan ajaran islam tentang kebaikan melalui Instagram karena perkembangan zaman yang sangat maju.

Seiring berjalannya zaman media massa semakin menjadi panutan seluruh masyarakat indosenia. hampir semua orang menggunakan sosial media untuk mencari informasi karna lebih praktis dan lebih mudah untuk diakses. banyak ustadz dan ustadzah yang menggunakan akun instagramnya menjadi tempat sarana berdakwah untuk mengajak anak muda untuk berhijrah, strategi dakwah dengan cara menyebarkan video dakwah yang tergolong efektif guna meningkatkan pemahaman agama serta memberikan motivasi. biasanya pendakwah akan merangkum dan merinci materi dakwah agar lebih simpel dan lebih mudah dipahami oleh mad'u. serta mengedit dan menambahkan animasi agar konten video menjadi lebih menarik untuk ditonton oleh orang dewasa sampai anak-anak. 

Sebelum era globalisasi, kajian atau dakwah disampaikan langsung oleh ustadz. biasanya pendakwah bergilir dari masjid ke masjid lainnya untuk berdakwah. namun setelah kehadiran internet menjadikan peluang kepada para pendakwah agar lebih luas untuk menyebarkan kebaikan. di era sekarang cukup efektif karena dari semua kalangan menggunakan instagram, remaja hingga orang tua. 

sebagai kaum muslim/muslimin kita wajib mendakwahi manusia supaya berada dijalan yang benar atau berada dijalan Allah yang terdapat dalam Q. S Ali-Imran 104:

Artinya : "Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar;merekalah orang-orang yang beruntung."

Tidak hanya untuk ladang pahala tapi masih ada manfaat yang lainnya seperti menjalin silaturahmi, mendapatkan informasi terkini, aktivitas sosial, Branding, dan promosi. Metode-metode yang digunakan dalam berdakwah yang sampai saat ini masih berjalan yaitu metode sembunyi-sembunyi, metode bil hikmah, metode bil lisan, dan amar ma'ruf nahi munkar, tawashau bi al-haq wa al-sabr, tadzkirah. ada banyak media dizaman sekarang maka dari itu seorang da'i harus memilih media yang paling efektif untuk mencapai tujuan dakwahnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun