Disusun Oleh :
Merlyana Zuanifah
2000002019/Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini/
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok manusia yang bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki. Menurut Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan untuk anak mulai dari usia 0-6 tahun.Â
Kegiatan pembelajaran yang diberikan untuk anak usia dini memiliki tujuan untuk membantu menstimulasi dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak agar berbagai aspek perkembangannya dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tahap perkembangan usianya, sehingga nantinya anak siap untuk memasuki pendidikan selanjutnya yaitu jenjang pendidikan sekolah dasar (SD).
Anak usia dini berada pada masa golden age karena pertumbuhan dan perkembangan anak akan berkembang pesat pada usia 0-6 Tahun. Oleh karena itu, anak harus mendapatkan banyak stimulasi pada usia enam tahun pertama tumbuh kembangnya, karena semakin banyak stimulasi yang didapat oleh anak maka akan menjadi dasar pondasi bagi proses pembelajaran selanjutnya.Â
Karena perkembangan anak selanjutnya ditentukan pada seberapa banyak stimulasi yang didapat oleh anak selama tahap perkembangannya, jika anak banyak mendapatkan stimulasi maka perkembangan anak akan berjalan sesuai dengan tahap perkembangan usianya, namun jika anak kurang mendapatkan stimulasi maka perkembangannya akan mengalami hambatan sehingga tidak dapat berjalan optimal sesuai dengan tahap perkembangan usianya.
Bahasa memegang peranan penting dalam meningkatan mutu pendidikan seorang individu. Khususnya dalam pendidikan anak usia dini, fungsi bahasa secara spesifik dijelaskan dalam Depdikbud (1996) yang menegaskan bahwa pengembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini memiliki tujuan agar nantinya anak dapat berkomunikasi dengan lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan teman sebaya, lingkungan keluarga maupun dengan lingkungan di sekitarnya.Â
Oleh karena itu, memahami perkembangan bahasa pada anak usia dini tidak boleh dianggap sebagai hal yang gampang karena seorang pendidik harus memiliki pengetahuan yang baik tentang perkembangan bahasa anak. Salah satu kemampuan perkembangan bahasa yang harus ditingkatkan untuk anak yaitu kemampuan menyimak.