Mohon tunggu...
Mentari PutriDewi
Mentari PutriDewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seseorang yang sangat senang mendengarkan musik dan juga mempelajari hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Ada di Bandung

23 September 2022   23:02 Diperbarui: 23 September 2022   23:06 37 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

GWK merupakan singkatan dari Garuda Wisnu Kencana, adalah patung tertinggi ke-3 di dunia yang dibuat oleh seniman asal Bali, yaitu Nyoman Nuarta. GWK Menjadi salah satu destinasi wisata tujuan utama yang dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional saat berkunjung ke Bali.

Nah ternyata Bandung juga punya GWK (Garuda Wisnu Kencana) tetapi dalam bentuk miniatur, terdapat  di salah satu museum yang letaknya di Jl. Setra Duta Raya L-6 Sarijadi, yaitu Museum Nuart Sculpture Park yang didirikan oleh Nyoman Nuarta. Pasti udah gak asing sih sama museum ini. Nuart Sclupture Park menjadi salah satu destinasi di Kota Bandung yang memiliki daya tarik tersendiri dari mulai karya seni yang ada, suasana, hingga fasilitas yang paket komplet sih.

Karya seni yang disuguhkan  yaitu hasil dari keterampilan Nyoman Nuarta, dari awal mulai karirnya hingga saat ini berupa patung dan lukisan. Dalam setiap karyanya Nyoman Nuarta selalu memiliki makna dan filosofi yang sangat mendalam, rata-rata karya seni patungnya menggunakan tembaga, kuningan, atau besi sebagai bahan utama.

dokpri
dokpri

Beberapa patung dan juga lukisan tidak memiliki keterangan mengenai filosofinya , sehingga pengunjung dapat memiliki filosofi tersendiri untuk karya seni yang disuguhkan. 

dokpri
dokpri

Nuart Sculpture Park merupakan Kawasan yang memiliki udara sejuk dan sejauh mata memandang pun banyak sekali pepohonon hijau, dengan suasana yang tenang sehingga cocok nih masuk ke dalam list tempat healing yang harus dikunjungi apabila datang ke Bandung. Fasilitas yang tersedia seperti galeri seni, taman patung, gedung audio visual, gedung pertemuan, coffee shop, tempat parkir yang luas, toilet, dan juga musholla.

 Aktivitas yang dapat dilakukan saat mengunjungi Nuart Sculpture Park yaitu:

  • Tour de venue, yaitu kegiatan mengelilingi kawasan Nuart yang dipandu oleh guide dan juga mengenalkan konsep dan karya-karya seni patung Nyoman Nuarta.
  • Event Nuart Sculpture Park, wisatawan dapat menikmati event yang ada, tetapi bukan event rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya. Biasanya di event ini terdapat pameran lukisan di dalam galeri seni, pertunjukkan teater, pentas tari, dan penampilan band indie cukup menjadi salah satu daya tarik dari Nuart Sculpture Park ini.
  • Pemutaran Film, dilakukan di ruangan Audio Visual, wisatawan dapat menonton film mengenai dokumenter awal mula pembangunan Nuart hingga pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK).
  • Craft Corner, kegiatan yang menarik untuk anak-anak, merupakan salah satu program kegiatan yang diadakan Nuart Sculpture Park untuk melatih kreatifitas anak-anak dalam bidang seni, dengan kegiatan berupa melukis, membuat kerajinan, menghias topeng, dan juga mewarnai.
  • Berbincang bersama teman ataupun menikmati suasana yang ada sambil menikmati coffee

dokpri
dokpri

Jam operasional Nuart Sculpture Park adalah pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk Rp.50.000 per orang. Dan bagi mahasiswa mendapatkan harga khusus apabila dapat menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yaitu potongan 50% sehingga cukup membayar Rp.25.000 saja per orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan