Mohon tunggu...
Mentari Pagi Berau
Mentari Pagi Berau Mohon Tunggu... Peace for all

Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Produk Kakao Jadi Produk Unggulan di Berau

26 Februari 2020   21:28 Diperbarui: 26 Februari 2020   22:22 6 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Produk Kakao Jadi Produk Unggulan di Berau
kakao-berau-5e568d1c097f3630df0e0a32.jpg

Kabupaten Berau merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alamnya. Hal tersebut sangat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Berau untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pertanian dan pariwisata saat ini menjadi fokus pemerintah. Selain, pertanian dan pariwisata ada satu sektor lagi, yang menopang perekonomian di Berau.

Sektor tersebut adalah perkebunan. Dengan kondisi tanah yang sangat cocok dengan beberapa tanaman perkebunan membuat Berau memiliki banyak sekali lahan untuk perkebunan. Kakao, karet, kelapa dalam, kelapa sawit, lada, dan kakao merupakan tanaman yang saat ini menduduki peringkat teratas penyumbang devisa daerah. Pemerintah Kabupaten Berau sangat sigap dalam menanggapi perkembangan sektor perkebunan tersebut. Beberapa program kerja diluncurkan untuk mendukung sektor perkebunan agar teteap eksis di pasar global

Kepala Dinas Perkebunan Berau Basri Sahrin, mengatakan bahwa bentuk dukungan yang dilakukan pemerintah tidak hanya pendampingan, tetapi juga pelatihan diberikan kepada masyarakat. Tujuannya tidak lain agar kondisi perkembangan perkebunan tetap stabil. Salah satu program kerja yang sedang dikerjakan Pemerintah Berau adalah SLPHT ( Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu). Program kerja tersebut bahkan didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk menambah tingkat produksi, khususnya di Tanaman Kakao, para petani dilatih dalam program jaminan mutu dari produksi Kakao itu sendiri. "Program ini terus kita lanjutkan agar tidak hanya kuantitas yang terus bertambah, namun kualitas biji kakao yang dihasilkan petani Berau ini juga terjaga dan tetap terbaik,", kata Basrin Sahrin.

Sampai saat ini, kata Basrin produksi Kakao masih berupa setengah jadi yang selanjutnya di pasarkan. Walaupun pemasaran Kakao tidak begitu sulit, kemampuan petani untuk mengolah Kakao masih harus dikembangkan. Fokus Pemerintah Kabupaten Berau untuk waktu dekat ini adalah pelatihan kepada petani agar dapat mengolah Kakao menjadi produk jadi. Harapannya nilai jual Kakao di Berau akan semakin naik. Peran perusahaan swasta pun sangat terlihat.

Namun, pemerintah selalu mengawasi agar tidak terjadi eksploitasi kepada petani lokal. Pemerintah juga berharap kepada perusahaan swasta agar bisa menjadi contoh yang baik bagi petani lokal.

Semua pihak di Kabupaten Berau memang sedang bahu membahu untuk menciptakan kesejahteraan. Salah satunya adalah lewat perkebunan. Dengan majunya perkebunan diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dan ekonomi masyarakat. Tujuannya adalah mencapai Kabupaten Berau tanpa kampung tertinggal.

Seluruh pihak harus bekerjasama agar hal tersebut terjadi. Bupati Berau H. Muharram mengatakan bahwa sektor sektor unggulan dapat berkembang dengan dukungan semua pihak. Beliau mengharapkan semua pihak bersikap koorperatif dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain.

VIDEO PILIHAN