Mohon tunggu...
Muhamad Idz Away Fashly
Muhamad Idz Away Fashly Mohon Tunggu... Clinomania

Wake Up !! Go Beyond Your Comfort Zone

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sosialisasi "INSAN" Bagi Remaja Masjid Darut Taibin

23 November 2020   05:59 Diperbarui: 23 November 2020   06:06 34 1 0 Mohon Tunggu...

Era pandemi covid-19 membuat mayoritas masyarakat (terkhusus remaja) banyak melaksanakan kegiatan dari rumah, termasuk proses belajar-mengajar yang beralih menggunakan media online (pembelajaran daring). 

Dilansir dari katadata.co.id jumlah pengguna internet pada tahun 2020 mencapai angka 196,7 juta jiwa, tentunya dengan jumlah pengguna internet sebanyak itu, perlu adanya peran khusus perihal penyuluhan dan sosialisasi dalam penggunaan internet agar pengguna internet dapat  terakomodir dengan baik dan mencegah hal yang tak diinginkan terjadi. 

Berdasarkan penjelasan sebelumnya Saya ingin mensosialisasikan "INSAN" yang merupakan singkatan dari Internet Sehat dan Aman. Mengapa di era sekarang perlu memahami INSAN ?? Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah kejahatan siber. Menurut info dari KOMPAS.com jumlah kejahatan siber meningkat signifikan (info selengkapnya dapat mengklik link yang dilampirkan).

dokpri
dokpri
Oleh sebab itu, kita perlu waspada karena semua aktivitas yang dilakukan berasal dari rumah tidak menjamin privasi dan data yang dimiliki aman. Dengan mensosialisasikan INSAN, diharapkan kedepannya RemaJa Masjid dapat menggunakan internet secara lebih baik dari sebelumnya dan memaksimalkan hal positif dari internet dan menjauhkan sisi negatif dari Internet.

Dalam kegiatan ini Saya tidaklah sendiri, karena saya ditemani ke-3 rekan saya yang menakjubkan dan akan melakukan kegiatan bersama, yaitu Anas Ubaidi Kusuma (menyampaikan materi terkait organisasi dan pendidikan bagi pemuda), Ilhamdi Surya Armada (melaksanakan pelatihan pembuatan web masjid), dan Muhamad Rizki (memaparkan materi terkait E-Sports). 

Kegiatan KKN dilaksanakan secara bertahap dimulai dari tanggal 14 november 2020 (perkenalan dan pemaparan) sampai tanggal 21 november 2020 (penyelesaian dan penutupan). Semua kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan penyampaian materi dan diakhiri sesi tanya jawab. Kegiatan KKN bertempat di gedung masjid Darut Taibin lama yaitu di Perumahan Villa Regensi 2, Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Kami senantiasa mengupayakan agar kegiatan sesuai dengan prosedur yang berlaku saat ini.

dokpri
dokpri
Alhamdulillah rabbil alamin kegiatan berjalan dengan lancar hingga akhir acara ditutup dengan sesi foto. Saya dan rekan-rekan mahasiswa pelaksana kegiatan KKN ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Dodi selaku Pembina remaja masjid yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan sedikit ilmu yang kami miliki.

Tak lupa ucapan terima kasih kami ucapkan atas antusiasme Remaja Masjid yang sudah mau menyempatkan waktunya untuk hadir di kegiatan ini dan juga kepada Bapak Dodi yang selalu mendampingi kegiatan kami dari pembukaan sampai penutupan acara. Semoga bermanfaat, mohon maaf atas banyaknya kekurangan. 

"Kegiatan ini menjadikan remaja masjid tidak hanya memperdalam ilmunya di bidang agama saja, namun juga dapat menambah ilmu dari bidang lainnya seperti bidang teknologi informasi dan pendidikan kepemudaan", ujar Bapak Dodi  saat penutupan kegiatan KKN Minggu (21/11/2020).

Demikianlah artikel ini Saya buat kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua !!

VIDEO PILIHAN