Mohon tunggu...
Melyana Argaditha
Melyana Argaditha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Ilmu Komunikasi

Try to learn more

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Internet sebagai Media Berkembangnya Jurnalisme Online di Korea Selatan

21 September 2022   11:33 Diperbarui: 21 September 2022   13:13 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dicas Jornalismo via Pinterest

Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu negara maju di Asia yang selalu menjadi topik pembicaraan. Bagaimana tidak, Jika segala sisi Korea Selatan selalu mencuri perhatian publik. 

Tidak hanya dalam perekonomian, Teknologi, dan budaya saja namun juga dalam sektor media massa. Internet yang memiliki peran penting dalam kehidupan dimanfaatkan dengan benar oleh Korea Selatan. 

Internet menjadi awal lahirnya jurnalisme online dan juga istilah jurnalisme lainnya di Korea Selatan. Internet menggeser media konvesional menjadi media yang lebih modern dan serba digital. 

Maka tidak aneh lagi, Jika kini kita dapat mengakses dan mengetahui informasi yang berasal dari Negara lain dengan mudah. 

Internet di Korea Selatan

Sejak tahun 1990-an, Korea Selatan sudah memprioritaskan perkembangan internet untuk memajukan negarannya. Korea Selatan menjadi negara yang memiliki  Koneksi Internet cepat dan tergolong murah.

Internet digunakan oleh masyarakat Korea Selatan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Keberadaan Internet juga menjadi awal dan faktor utama berkembangnya Jurnalisme Online di Negeri Gingseng ini.

Walaupun seperti itu, Kehadiran Jurnalisme tidak langsung muncul begitu saja. Korea Selatan juga mengalami penggunaan mesin cetak sebagai alat produksi berita. 

Surat kabar cetak pertama Korsel adalah Chosun Ilbo dan Dong-A Ilbo yang hingga kini masih bertahan.   Chosun Ilbo dan Dong-A Ilbo berdiri sejak tahun 1920-an.

 Sistem Internetpertama kali muncul pada tahun 1982 yaitu SDN (System Development Network).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun