Mohon tunggu...
Melvinda NestyFikriatuzzahro
Melvinda NestyFikriatuzzahro Mohon Tunggu... Mahasiswa

IAIN JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Metode Pendidikan Islam

3 April 2020   17:16 Diperbarui: 3 April 2020   17:40 819 0 0 Mohon Tunggu...

Kata Metode berasal dari Bahasa Yunani yakni methodos yang memiliki arti penelitian. Secara Etimologi, kata Metode merupakan gabungan dari 2 kata yakni metha dan hodos yang masing-masing dari kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Diantaranya metha yang berarti melewati, mengikuti, dan melalui, Sedangkan hodos yang berarti jalan yang harus di lewati atau di lalui untu mencapai suatu tujuan tertentu.

Secara Terminologi, Metode adalah suatu alat atau sarana untuk melakukan suatu penelitian atau pencarian dalam menyusun sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kata Metode juga diungkapkan dalam Bahasa Arab yakni Al-Thariqah yang berarti jalan. Jadi bisa kita simpulkan bahwasannya pengertian Metode Pendidikan Islam adalah suatu cara yang digunakan untuk mempermudah suatu pendidik untuk mengembangkan ajaran agama islam sesuai dengan ajaran atau humum (syariat islam) yang telah di tetapkan.

Dalam pendidikan islam, metode adalah sesuatu yang memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mewujudkan suatu tujuan, karena metode menjadi sarana yang menampung materi pembelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan, sehingga dapat dipahami oleh peserta didik yang dapat membentuk tingkah laku dan kepribadian mereka. Selain itu metode dapat diartikan sebagai seperangkat cara, jalan, dan teknik yang dipakai oleh pendidik dalam proses belajar dan mengajar untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum, silabus, dan mata pelajaran.

  • Dasar Metode Pendidikan Islam

            Dalam dasar metode pendidikan islam ini, sering kali terdapat kendala atau suatu permasalahan yang di dalamnya menyangkup tentang individualisme dan sosial. Hal tersebut terjadi karena kurangnya penerapan dan pemahaman mengenai, apa itu dasar-dasar umum yang terdapat pada metode pendidikan islam  dan apa saja yang harus di pelajari dalam metode pendidikan islam tersebut. Sebab menjadi seorang pendidik tentu saja harus memperhatikan betul mengenai dasar umum yang terdapat dalam metode tersebut agar mempermudah mengembangkan ajaran islam.

Berikut ini merupakan dasar-dasar yang terdapat pada metode pendidikan islam, antara lain :

1). Dasar Agamis

Dasar Agamis merupakan kemampuan berwawasan atau berpikir luas mengenai ajaran agama islam yang didasarkan pada 2 sumber pokok yang terdapat pada Al-Qur'an dan As-Sunnah, yang menjadi suatu tujuan sebagai proses penerapan dan pelaksanaan metode pendidikan islam.

2). Dasar Biologis

            Setiap peserta didik pasti memiliki pertumbuhan dan kondisi jasmani yang berbeda-beda. Hal tersebut sangat berperan penting dalam suatu proses pendidikan. Sehingga seorang pendidik harus memperhatikan betul kondisi biologis peserta didiknya. Peserta didik yang memiliki kekurangan dalam kondisi tubuhnya, Akan berpengaruh pada kegiatan dan prestasi yang akan ia raih. Tapi, belum menutup kemungkinan ia tidak berhasil dalam cita-citanya. Tujuan pendidik disini pula, sebagai motivator peserta didiknya agar senantiasa bersyukur dan menerima atas apa yang sudah Allah beri untuknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN