Mohon tunggu...
Meliana Aryuni
Meliana Aryuni Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula yang ingin banyak tahu tentang kepenulisan.

Mampir ke blog saya ya https://melianaaryuni.wordpress.com dengan label 'Pribadi untuk Semua' πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gempa Cianjur: Saatnya Unjuk Gigi atau Uji Nyali?

23 November 2022   21:13 Diperbarui: 23 November 2022   21:28 87 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Instagram @kumparan.com

Pemberitaan gempa Cianjur 5,6 magnitudo mulai dari tanggal 21 November 2022 sampai sekarang. Pemberitaan tentang gempa tidak henti-hentinya mampir di beranda media online saya, mau tidak mau membuat saya membaca. Bahwa gempa yang memakan menewaskan 284 jiwa juga membawa kerusakan di mana-mana. Gempa susulan pun sudah terjadi puluhan kali.

Sore tadi, saya baca kembali bahwa pada lokasi gempa tersebut terjadi banjir. Tak bisa dibayangkan keadaan pengungsi yang berada di tenda-tenda darurat. Mereka harus bertahan dalam keadaan ketakutan akan gempa susulan dan banjir yang siap meluluh lantakkan tenda darurat itu.

Sungguh saya tidak bisa membayangkan bagaimana suasana yang ada di sana. Melihat anak yang tertimbun selama 3 hari saja sudah membuat hati ini meringis. Belum lagi mendengar jeritan, tangis yang datang silih berganti membuat suasana makin mencekam.

Saat bencana seperti ini seluruh masyarakat bahkan dunia diuji untuk bergerak. Mereka mau unjuk gigi saja atau ikut uji nyali, bahu-membahu datang ke lokasi, membantu petugas menyisir kawasan, dan membagi semangat pulih agar mental tidak tersakiti.

Bukti Nyata, Bukan Sekadar Janji

Tragedi gempa di Cianjur mengajak banyak orang untuk berempati, seperti yang dilakukan @amanpalestin yang berkerja sama menggalang dana dengan fanbase BTS ARMY, sehingga terkumpul dana sekitar 70 juta. Berbagai elemen pun turun ke jalan, seperti rumah zakat yang menurunkan beberapa personelnya, donasi, mobil ambulance dan bahan makanan ke lokasi.

Dari akun instagram @derrysulaiman, seorang mantan penyanyi rock beserta personel @alamsundapeduli yang turun langsung melihat warga dan lokasi kejadian. Beliau pun menyerahkan bantuan 500 ribu per korban beserta makanan. Lihatlah betapa dermawannya mereka. Jangankan harta, fisik mereka pun dikerahkan untuk membantu korban.

Saya pikir pantas bila Indonesia dijuluki sebagai negara paling dermawan di dunia 2022 ini. Ini karena sikap masyarakat Indonesia yang cepat tanggap dalam berbagai keadaan yang mengancam, seperti bencana alam. Tak dipungkiri, hal ini pula yang membuat Indonesia semakin harum namanya di mata dunia.

Saatnya Merenung, Bukan Melamun

Gempa Cianjur mengajak kita semua untuk merenung sejenak, bukan melamun. Bahwa bencana yang dikatakan akan bersiklus 20 tahun sekali harus bisa dimitigasi. Meskipun kekuatan gempa terbilang kecil, akibat kerusakannya terbilang parah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan