Mohon tunggu...
Melia Gautama Wijaya
Melia Gautama Wijaya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan STP Trisakti

Hi! Welcome to my page. Semoga tulisan - tulisan yang ada di sini bisa bermanfaat :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bekerja Menggunakan Teknik Pomodoro

24 Januari 2021   16:02 Diperbarui: 24 Januari 2021   16:18 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teknik Pomodoro adalah teknik mengatur waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980. Pomodoro berasal dari bahasa Itali yang artinya adalah tomat karena Francesco Cirillo menggunakan timer dengan bentuk tomat sebagai pengukur waktunya. Pada teknik ini, kita bekerja dalam waktu yang dibagi dalam interval, biasanya 25 menit, lalu istirahat selama beberapa menit.

Secara pribadi, saya telah menerapkan teknik pomodoro dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah saya termasuk mengerjakan skripsi saya. Biasanya saya meng-set timer selama 25 menit, setelah itu istirahat selama 5 menit. Setelah melakukan hal tersebut selama 4 kali, saya memperperpanjang waktu istirahat saya menjadi 10 menit. Saat timer sudah nyala, pastikan untuk mengerjakan pekerjaan dengan fokus serta jangan menyentuh gadget serta hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Lakukan total 3-4 set dalam sehari jika memang dibutuhkan.

Saya merasa bahwa saya dapat bekerja dengan lebih efektif menggunakan metode ini karena mengurangi gangguan dalam mengerjakan tugas-tugas saya. Menggunakan metode ini juga terbukti mengurangi tingkat jenuh dan juga meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Jika teman-teman sedang mencari metode yang tepat agar dapat mengerjakan tugas dengan efektif, ada baiknya untuk mencoba juga metode ini. Let me know kalau memang metode ini cocok buat kamu ya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun