Mohon tunggu...
Ameliaff
Ameliaff Mohon Tunggu... suka ngopi tapi mudah sakit perut :v

masih amatiran :h

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cintai Bahasamu Seperti Kau Menjunjung Identitas Negaramu!

9 Maret 2020   22:04 Diperbarui: 9 Maret 2020   22:13 21 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap bangsa memiliki identitas, begitupun dengan indonesia. Sebagai warga negara kita harus memahami identitas dari bangsa kita agar tumbuhrasa cinta dan bangga terhadap bangsanya.

Identitas nasional adalah suatu jati diri dari suatu bangsa artinya, jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan tiap-tiap bangsa akan berbeda identitas negaranya. Identitas negara ini juga berlaku untuk satu kelompok, organisasi, atu negara.

Seiring berkembangnya teknologi dan masuknya budaya-budaya barat, banyak masyarakat yang bersikap bodo amat pada budayanya sendiri. Mulai dari bahasa yang digunakan, perilaku, pakaian dan gaya hidup dalam kesehariannya.

Menurut KBBI Bahasa Indonesia adalah sistem lambang bunyi yang digunakan masyarakat untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

Negara indonesia memiliki beranekaragam bahasa dan hampir setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda. Oleh karena itu penting bagi masyarakat indonesia untuk belajar bahasa indonesia. Kenapa penting belajar bahasa indonesia ? karena bahasa indonesia adalah bahasa persatuan negara yang digunakan oleh masyarakat indonesia untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda daerah.

Sebagai warga negara indonesia seharusnya kita bangga dengan bahasa indonesia. Bukan malah enggan untuk menggunakan bahasa indonesia. Seperti kebanyakan masyarakat saat ini, mereka lebih suka berbahasa inggris hingga dalam berbicara bahasa indonesia dicampur dengan bahasa inggris. Bukan hanya itu masyarakat millenial saat ini juga lebih suka menggunakan bahasa dengan istilah-istilah baru seperti gaes, geje, ketcheh, retceh dan sebagainya.

Bunyi point ketiga dalam sumpah pemuda "kami putera puteri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia". Menurut sumpah pemuda tersebut betapa pentingnya bisa berbahasa indonesia. Sebagai warga negara  yang baik hendaknya dapat menjaga, menjunjung, mempelajari, dan menerapkan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Bangsa indonesia mempunyai bahasa kesatuan yakni bahasa indonesia dan bahasa indonesia juga merupakan sebagai identitas bangsa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x