Mohon tunggu...
Ameliaff
Ameliaff Mohon Tunggu... suka ngopi tapi mudah sakit perut :v

masih amatiran :h

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penting, Pendidikan Seks pada Anak

27 Februari 2020   18:26 Diperbarui: 27 Februari 2020   18:21 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting, Pendidikan Seks pada Anak
www.facebook.com › ... › Magazine

Pendidikan seks, penting bagi anak ?

Pendidikan seks hendaknya dikenalkan pada anak sedini mungkin. Karena hal itu akan mencegah berkembangnya pikiran-pikiran negatif pada anak. Banyak orang berpendapat bahwa pendidikan seks belum pantas untuk dikenalkan dan diajarkan pada anak usia dini. Padahal pendidikan seks sangat berpengaruh untuk kehidupan anak ketika remaja bahkan hingga dewasa nanti.

Peran keluarga sangat penting terutama orang tua. Orang tua harus aktif memberikan pendidikan seks pada anak, jangan hanya mengandalkan pendidikan seks dari sekolah, karena disekolahpun pendidikan seks masih belum tercantum dikurikulum.

Memberikan pendidikan seks pada anak usia dini bukan berarti mengajarkan tentang bagaimana cara melakukan seks tersebut, melainkan mengajarkan tentang organ-organ yang ada ditubuh manusia dan apa fungsinya.

Mengenalkan seksualitas harus dilakukan sejak anak tahu tentang jenis kelaminnya. Karena anak pasti akan banyak bertanya tentang itu, apalagi jika anak sudah mengetahui jenis kelamin miliknya dan milik temannya berbeda.

Fokus utama pendidikan seks pada anak usia dini ialah mengajarkan batasan-batasan organ mana saja yang boleh dilihat, dan disentuh orang lain. Kenalkan seks pada anak usia dini dengan langkah :

  • Kenalkan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain.
  • Ajarkan konsep perbedaan jenis kelamin kepada anak.
  • Tanamkan budaya malu pada anak.
  • Membatasi aktivitas monoton pada anak.
  • Jauhkan gadget dari anak.
  • Tumbuhkan rasa percaya anak pada orang tua.
  • Bicarakan seks pada anak dengan cara mengajak diskusi sederhana.

Pendidikan seks sangat dianjurkan ketika usia dini. Karena pada masa ini ialah masa dimana karakter anak akan terbentuk. Dan Jika pendidikan yang diberikan pada anak salah maka pada akhirnya akan berakibat fatal.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x